Tanya Dokter

  • Oralit di campur susu, apakah boleh?

  • Dok sya mau tanya anak sya umur 2 thn 2 bln lg kena muntaber,g mau minum oralit, kmudian sya campur dg sufor apakah itu boleh ? Dokter jg nyaranin di ksih pocari sweat, apakah diperbolehkan anak usia 2 thn minum pocari sweat? Mksih.

    Hallo Bunda Titik, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Oralit merupakan cairan rehidrasi oral yang berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat muntah maupun diare. Oralit ini memiliki komposisi campuran Natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat dan natrium bikarbonat. Obat ini memang tidak memiliki khasiat untuk menyembuhkan muntah maupun diare yang dialami buah hati anda, namun oralit merupakan rehidrasi oral yang dianjurkan oleh WHO untuk membantu mengatasi dehidrasi. 

    Oralit ini dikonsumsi dengan cara diseduh dengan menggunakan air matang dengan suhu yang ruang atau dingin. Tidak diberikan dengan menggunakan air panas yang mendidih, tidak diberikan bersamaan dengan gula, susu, soda, maupun jus buah. Jadi pemberian oralit dengan menggunakan susu tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan terjadinya interaksi obat. Memang anak cendrung tidak menyukai oralit karena rasanya yang tidak begitu enak, sehingga perlu trik untuk dapat memberikan oralit pada anak. Beberapa cara yang dapat dilakukan :

    • Berikan oralit sedikit - sedikit namun sering
    • Oralit dapat diberikan setiap 5 menit
    • Dapat diberikan dengan mengggunakan pipet, sedotan anak dengan berbagai macam karakter
    • Disajikan dalam kondisi dingin

    Saya tidak dapat menjelaskan kegunaan maupun kerugian pemberian suatu produk minuman tertentu. Namun pada dasarnya saat anak kehilangan banyak cairan tubuh, kita harus membantu mengatasi kondisi tersebut dengan pemberian cairan ulang atau rehidrasi. Cairan yang baik yang berfungsi untuk membantu mengatasi kekurangan cairan tubuh adalah cairan yang mengandung tinggi elektrolit. Jadi jika anda merasa ragu, untuk membantu menggantikan elektrolit tubuh yang hilang bersamaan dengan cairan tubuh yang keluar saat muntah atau diare, anda dapat memberikan air kelapa (karena air kelapa mengandung banyak elektrolit)

    Semoga bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina