Tanya Dokter

  • Pasca operasi sendi pinggul, sendi pinggul terasa sakit

  •  Retno Ruwanti
    Anggota

    Dok, usia saya 40 th. 3 minggu yg lalu saya operasi penggantian sendi pinggul. 2 mgg stlh operasi saya sdh bisa jln sedikit2 tanpa rasa skt. Tp sekarang sendi yg diganti trs sakit. Apakah ini berbahaya Dok?

    Halo, Operasi penggantian sendi pinggul, atau arthroplasti, dengan bahan logam dan plastik, dilakukan pada kondisi berikut ini, diantaranya:

    Beberapa minggu setelah operasi, masih mungkin timbul rasa nyeri. Pasien dapat menggunakan alat bantu berjalan selama beberapa minggu setelah operasi, sampai pasien dapat menyangga berat badannya sendiri secara penuh, rasa nyeri berkurang, dan dapat bergerak sendiri tanpa jatuh. Seberapa lama dalam penggunaan alat bantu berjalan, bergantung pada kondisi pasien, dan jenis operasi yang dilakukan dokter. Pasien umumnya dapat mengikuti terapi fisik setelah pulang dari rumah sakit, hingga pasien dapat bergerak secara mandiri. Rehabilitasi pasien yang mengalami artroplasti secara keseluruhan memerlukan waktu sekitar 6 bulan. Berikut langkah yang dapat dilakukan jika timbul rasa nyeri pada sendi pinggul:
    • Kompres es pada bagian yang nyeri
    • Istirahat sejenak dari aktivitas, hanya mengurangi sedikit tetapi jangan berhenti secara total
    • Mengkonsumsi obat anti nyeri seperti paracetamol
    Apabila keluhan Anda masih timbul, atau semakin memberat, ada baiknya Anda menghubungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan, memastikan tidak ada sesuatu yang berbahaya, kemudian dapat menentukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha