Tanya Dokter

  • keluar cairan hijau dari telinga sebelah kanan

  •  yudi1
    Anggota

    Selamat Malam Dok, saya menderita otitis media berupa keluarnya cairan berwarna hijau di telinga kanan saya waktu masih kecil Umur 8 tahun. setelah dilakukan pengobatan ke dokter (Dokter Umum) pada waktu itu, cairan di telinga saya berhenti.

    Selama 21 Tahun ini suda tidak ada lagi dok. Saya pikir suda sembuh, Saya suda berkerja dan punya istri. Tetapi empat hari yg lalu cairan yg itu kembali keluar dari telinga saya dan saya meminta saran kepada Istri saya yg pekerjaanya adalah Pegawai (Perawat di salah satu RS). Istri saya menyarankan agar pergi ke Dokter THT untuk pemeriksaan lebih lanjut. Setelah saya pergi ke Dokter THT, Dokter memvonis gendang telinga saya bocor/robek agak besar.Setelah itu Dokter memberi saya Obat tetes telinga Tarivid Otic, Obat Kapsul Mezatrin dan Obat Tablet Ocuson.

    pertanyaan saya : 1. apakah otitis saya akan benar2 sembuh atau hanya sementara saja. 2. apakah otitis media saya krn gendang telinga bocor masih bisa disembuhkan tanpa operasi dan obat yg diberikan oleh Dokter THT itu bisa menyembuhkan. 3. Kalau hanya bisa disembuhkan lewat operasi, bagaimana prosesnya dok, apakah harus konsultasi dengan dokter THT terlebih dahulu atau gimana dok dan Biaya untuk operasi berapa Dok?? 5. CAiran yg berwarna hijau bauhnya agak gimana gitu dok, bagaimana caranya menghilangkan/mengatasi Bau tersebut. Soalnya saya bekerja di Perbankan dok.. Saya takut akan mempengaruhi lingkungan kerja saya terutama teman kantor dan nasabah yg membuat mereka tidak nyaman berada di dekat saya.

    Demikan Pertanyaan saya Dok.. Mohon Petunjuknya. Terima Kasih.

    Halo Yudi1........ Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa gendang telinga merupakan selaput tipis yang memisahkan bagian luar dan juga bagian tengah telinga. Gendang telinga dalam bahasa medis disebut sebagai membran timpani. Gendang telinga sendiri mempunyai fungsi :

    • Melindungi telinga tengah dari bakteri
    • Menghindari masuknya benda asing ( kerikil, serangga, dll. ) ke telinga tengah
    • mancegah air masuk ke telinga tengah
    Beberapa hal yang dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga diantaranya adalah : Infeksi, cedera ( misal : kepala terbentur keras, membersihkan telinga dengan cotton buds, dll. ), perubahan tekanan yang berlebihan, dll. Penanganan atau pengobatan yang biasanya dilakukan diantaranya adalah : pemberian antibiotik === biasanya apabila diketahui penyebab pecah gendang telinga karena infeksi, penambalan === mengoleskan bahan kimia tertentu untuk merangsang pertumbuhan selaput baru dan menutup robekan, operasi === timpanoplasti. Diskusikan masalah ini dengan Dokter THT yang telah menangani Anda agar segala sesuatunya terang dan jelas. Sedangkan biaya operasi sangatlah bervariasi, tergantung rumah sakit, alat yang digunakan, dan juga Dokter yang mengerjakan. Klik artikel di bawah untuk lebih jelasnya : GENDANG TELINGA PECAH / ROBEK Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati