Tanya Dokter

  • Cara menyembuhkan Otitis Media Akut

  • Halo. Selamat siang, dok. Saya Kania Hafsah Kamilah, Umur saya 11 tahun. Dok, setahun lalu, saya di diagnosa terkena Otitis Media Akut oleh dokter saya, lalu saya dirujuk untuk ke dokter spesialis di salah satu rumah sakit di Muara Bungo, lalu saya pindah dokter lagi ke Padang, dan di padang, yang awalnya hanya telinga sebelah kanan saya saja yang terkena, setelah di check disini, ternyata kedua belah telinga saya terkena itu. setelah beberapa kali saya bolak balik kesana dan setelah kurang lebih 1 tahun tidak sembuh sembuh, akhirnya saya pergi ke Hospital Kuala Lumpur untuk berobat. Jadi begini, dok. Dihari pertama saya di sana, saya di diagnosa terkena Bilateral Otitis Eksterna Akut, dok. Lalu, ia bilang telinga saya tidak apa apa. Setelah ia masukkan ke ruang rawatan disana, saya kembali merasakan sakit yang teramat sangat pada kedua belah telinga saya. Keesokannya saya kembali lagi ke sana, lalu dia bilang saya terkena Bilateral Otitis Eksterna Kronis. Hasil diagnosa saya sering berubah ubah, dok. itu bagaimana? dan terakhir kali saya ke sana, telinga kiri saya dinyatakan sembuh dan telinga kanan saya mulai berjangkit lagi. Tapi, ketika saya sampai dirumah, kedua belah telinga saya kembali sakit, dok. Telinga saya sangat sakit diiringi dengan bunyi berdenging yang keras dan mengganggu pendengaran saya. Menurut dokter, apa yang harus saya lakukan untuk kedepannya? Sedikit tip atau saran mungkin?

     

    Terima kasih, dok.

    Kania Hafsah Kamilah August 9, 2015 at 2:24 pm Halo. Selamat siang, dok. Saya Kania Hafsah Kamilah, Umur saya 11 tahun. Dok, setahun lalu, saya di diagnosa terkena Otitis Media Akut oleh dokter saya, lalu saya dirujuk untuk ke dokter spesialis di salah satu rumah sakit di Muara Bungo, lalu saya pindah dokter lagi ke Padang, dan di padang, yang awalnya hanya telinga sebelah kanan saya saja yang terkena, setelah di check disini, ternyata kedua belah telinga saya terkena itu. setelah beberapa kali saya bolak balik kesana dan setelah kurang lebih 1 tahun tidak sembuh sembuh, akhirnya saya pergi ke Hospital Kuala Lumpur untuk berobat. Jadi begini, dok. Dihari pertama saya di sana, saya di diagnosa terkena Bilateral Otitis Eksterna Akut, dok. Lalu, ia bilang telinga saya tidak apa apa. Setelah ia masukkan ke ruang rawatan disana, saya kembali merasakan sakit yang teramat sangat pada kedua belah telinga saya. Keesokannya saya kembali lagi ke sana, lalu dia bilang saya terkena Bilateral Otitis Eksterna Kronis. Hasil diagnosa saya sering berubah ubah, dok. itu bagaimana? dan terakhir kali saya ke sana, telinga kiri saya dinyatakan sembuh dan telinga kanan saya mulai berjangkit lagi. Tapi, ketika saya sampai dirumah, kedua belah telinga saya kembali sakit, dok. Telinga saya sangat sakit diiringi dengan bunyi berdenging yang keras dan mengganggu pendengaran saya. Menurut dokter, apa yang harus saya lakukan untuk kedepannya? Sedikit tip atau saran mungkin?   Terima kasih, dok.
     

    Hai Kania, Otitis diartikan sebagai infeksi telinga. Yang bisa terjadi di bagian luar (otitis eksterna), di telinga bagian tengah (otitis media) dan di telinga bagian dalam (otitis interna). Gejala otitis eksterna adalah sebagai berikut:

    • Rasa nyeri pada telinga terutama jika daun telinga ditarik atau disentuh
    • Demam
    • Adanya cairan yang keluar dari telinga
    • Penurunan pendengaran yang biasanya dialami pada kasus otitis eksterna yang kronik
    • Telinga berdengung
    • Nyeri yang sangat hebat biasanya dialami pada seseorang dengan dibetes melitus dan seseorang dengan kekebalan tubuh yang lemah
    Otitis eksterna daapt terjadi akibat;
    • Infeksi bakteri Pseudomonas Aeruginosa, Staphylococcus Aureus dan bakteri E.Coli
    • Alergi. Padaseseorang yang memiliki alergi terhadap suatu unsur tertentu menyebabkan alergi dapat timbul juga di telinga. Contoh seperti bisul yang juga dapat timbul di liang telinga
    • Kondisi cuaca yang panas dan lembab
    Pengobatan otitis eksterna yang anda alami akan diberikan sesuai dengan tingkat keparahan dan penyebab dari otitis eksterna itu sendiri. Otitis eksterna dapat terjadi ringan, sedang, parah maupun menahun jika sudah sangat lama sehingga sebaiknya jangan dibiarkan jika mengalami penyakit otitis eksterna. Jika anda sudah pergi ke beberapa dokter ada baiknya anda melakukan tips yang akan saya sebutkan di bawah ini namun sebaiknya anda tetap menggunakan obat yang disarankan oleh dokter dengan teratur dan tetap kontrol secara rutin ke dokter spesialis THT sehingga dokter dapat melihat perkembangan kesembuhan dari penyakit otitis yang anda derita. Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Jaga selalu agar telinga anda tetap kering
    • Gunakan penutup telinga saat anda berenang
    • Gunakan shampoo yang tidak menggunakan parfum
    • Jika menggunakan alat pengering rambut, gunakan dengan jarak minimal 30cm.
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Anatomi telinga Nyeri telinga sebelah kiri Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit        

    Terima kasih, dok.   Dokter, apakah sakit kepala, batuk dan flu itu termasuk dari penyakit otitis eksterna yang saya derita? Adakah larangan terhadap makanan tertentu untuk saya, dok?   Saya sering terlambat kontrol ke spesialis karena rumah saya dari spesialis itu sangat jauh (harus keluar kota terlebih dahulu), apakah itu mengganggu perkembangan kesembuhan saya, dok?   Oh iya, dok. saya juga sering mimisan lalu diikuti dengan ketidak stabilan kondisi tubuh, itu kenapa ya dok? ini sering terjadi tiba tiba walaupun saya tidak menyadarinya.   Terima Kasih.

    dok.. tolong dijawab dong. saya perlu info, nih.