Tanya Dokter

  • Mengatasi otot jari manis yang putus

  • malam dok,jadi begini adik saya kecelakaan,setelah dironsen dirumah sakit,otot dijari manisnya putus,sehingga jari manisnya aga kaku,pertanyaan saya,apakah otot bisa tersambung sendiri dan sembuh dengan sendirinya tanpa melakukan oprasi?

    Hai Fahmi,
    pada pertanyaan anda,apakah yang anda maksud dengan otot adalah tendon yang merupakan persambungan antara otot dengan tulang. Tendon pada bagian jari dapat mudah sekali ruptur/robek,tendon pada jari berguna untuk menggerakkan jari menekuk ataupun jari dalam keadaan ekstensi. mengenai pertanyaan anda,jika terjadi ruptur tendon,hal ini belum tentu dilakukan penanganan dengan operasi. jika ruptur tendon tidak parah,dokter akan melakukan fiksasi/imobilisasi dengan cara splinting. berikut jenis penanganan ruptur tendon tergantung pada:
    1. Jenis tendon yang ruptur
    2. Seberapa luas laserasi /tendon yang ruptur
    3. di bagian mana tendon yang ruptur
    4. apakah ruptur disertai dengan avulsi/fraktur/patah tulang tidak
    Sangat disarankan anda segera berkonsultasi ke dokter orthopaedi,untuk dilakukan anamnesa,pemeriksaan fisik serta pemeriksaan tambahan seperti rontgen untuk mengetahui area ruptur tendon yang terjadi. Pantangan untuk anda adalah:
    1. Tidak mengurut/memijat area yang terjadi ruptur
    2. tidak melakukan pengobatan alternatif
    3. segera ke dokter spesialis orthopaedi untuk mendapatkan penanganan segera.
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen