Tanya Dokter

  • penyebab dan penanganan nyeri otot kaki

  • Assalamualaikum, selamat malam dokter. Saya Arief dari Solo, umur 22 tahun. Saya mau tanya dok, otot kaki saya bagian belakang (hamstring sampai bawah gastrocnemius) sakit. kaki saya sakit apabila otot direnggangkan dok. Buat berdiri 1 menit saja sakit, gejala ini baru berjalan 2 hari. Apakah suhu yang dingin dapat menyebabkan hal tersebut? Karena sebelum gejala suhu kamar saya dingin karena cuaca. Apakah olahraga basket juga ada hubungannya? Dan bagaimana penanganannya? Terima kasih dokter.

    Arief Suryo Wibowo  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Arief, Cedera otot hamstring atau cedera otot yang terletak pada bagian paha belakang merupakan cedera yang dapat terjadi jika melakukan aktivitas seperti berlari, melompat atau memanjat seperti halnya pada olahraga basket ataupun sepak bola terlebih jika tidak melakukan pemanasan sebelumnya dengan baik. Gejala yang di timbulkan oleh cedera hamstring diantaranya adalah:

    •  Nyeri hebat pada bagian paha belakang
    • Pembengkakan dan memar pada lokasi cedera
    • Otot melemah sehingga membuat menahan beban atauoun menjadi kesulitan berjalan
    Untuk memastikan cedera maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter dimana dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti misalnya foto rontgen dan pemindaian dengan MRI ataupun USG. Hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi cedera adalah dengan cara mengistirahatkan sendi yang nyeri, kompres menggunakan coldpack atau es batu, balut kaki yang cedera dan letakan dengan posisi lebih tinggi dari kepala saat tidur, gunakan obat-obatan pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Jika pada kondisi yang lebih parah maka pembedahan dan terapi fisik lanjutan menjadi pilihan. Segera periksakan diri jika nyeri tidak juga membaik ataupun bertambah parah. Baca juga artikel mengenai nyeri otot. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.