Tanya Dokter

  • pasca odontektomi otot langit-langit atau tenggorok seperti tertarik

  • Saya mau tanya, pasca operasi odontektomi rahang atas satu bulan yang lalu, kini saya merasakan pada saat berbicara seperti ada otot di langit-langit atau tenggorokan yang seperti tertarik jadi tidak nyaman.

    Pasca operasi juga gusi kanan dan langit-langit kanan saya baal / kebas, oleh dokter diberi Vitamin B untuk memperbaiki saraf.

    Pertanyaan saya apakah otot langit-langit dekat tonsil atau tenggorokan yang seperti tertarik apabila saya berbicara adalah pengaruh proses penyembuhan pasca odontektomi? Atau apa?

    Terima kasih.

    Hai Irene, Paska operasi odontektomi dapat dijumpai beberapa kondisi yang memang menyebabkan rasa tidak nyaman dalam rongga mulut Anda. Tetapi hal ini umumnya tidak berlangsung lama, berkisar 3-14 hari. Hal hal yang menyebabkan proses nyeri dan rasa tidak nyaman yang cukup lama dapat bersumber pada:

    • Jaringan yang harus cedera selama proses pencabutan gigi bungsu tersebut
    • Infeksi yang sudah ada sebelum pencabutan dilakukan, akan menambah waktu pada proses penyembuhan lebih lama dibanding biasanya
    • Perawatan paska pencabutan gigi dapat mempengaruhi rasa nyeri yang ada. Jika penderita tidak memgikuti atiran yang sudah disamoaikan oleh dokter gigi sebelumnya, maka proses penyembuhannya dapat berlangsung kama, bahkan dapat menimbulkan komplikasi. Misal: dianjurkan untuk tidak merokok dalam 72 jam setelah odontektomi, jika tidak dilakukan, maka proses penyembuhan dapat lebih lama lagi.
    • Penyakit penyerta sebelumnya yang dapat memperlama proses penyembuhan, misal: diabetes
    Jika keluhan Anda masih tetap berlangsung dalam beberapa minggu ini, kami sarankan agar Anda menemui kembali dokter yang merawat Anda sebelumnya. Lakukan kontrol dan ikuti anjuran dokter. Otot langit langit mulut yang terasa seperti ditarik saat berbicara, mungkin hanya merupakan efek paska odontektomi tersebut. Sama seperti nyeri dan rasa kebas. Tetapi sebaiknya Anda tetap memeriksakan hal ini, terutama jika sudah berlangsung lebih dari sebulan. Saran kami:
    • Jaga kebersihan rongga mulut Anda selama proses penyembuhan
    • Hindari rokok, kafein, alkohol, dll yang dapat mengganggu kesehatan rongga mulut Anda
    • Makan makanan sehat dan gizi cukup, kandungan protein dapat membantu proses penyembuhan Anda lebih cepat
    Silahkan baca: Waktu tepat operasi gigi bungsu Demikian penjelasannya.