Tanya Dokter

  • Nyeri pada bawah ketiak terutama saat bernapas dan bergerak

  •  Rani R
    Anggota
    Dok mohon penjelasannya. Sekarang saya mengalami nyeri di bawah ketiak lurusan dari mammae kiri. Sangat nyeri dok, intensitasnya semakin bertambah ketika bergerak dan bernafas. Mohon penjelasannya dok

    Hallo Rani R

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Rasa nyeri yang anda rasakan pada daerah ketiak tersebut dapat pada umumnya dapat disebabkan oleh beberapa hal, biasanya terkait dengan organ di sekitar area ketiak (kelainan pada struktur otot, saraf, pembuluh darah, dan tulang serta jaringan lainnya) seperti:

    Untuk adanya masa atau benjolan pada ketiak bisa menyebabkan nyeri mesti tanpa pergerakan jika memang masa tersebut disebabkan karena peradangan (misalnya pembengkakan kelenjar getah bening, iritasi ketiak atau infeksi lainnya pada ketiak). Sedangkan nyeri yang dirasakan semakin memberat jika terjadi pergerakan tangan atau saat bernapas biasanya disebabkan karena adanya tarikan otot atau peradangan otot atau massa (benjolan) yang menempel pada jaringan di sekitar ketiak, misalnya saraf, sehingga dengan sedikit pergerakan akan menyebabkan nyeri. Tentu saja kondisi ini semuanya harus dipastikan dengan pemeriksaan secara langsung oleh dokter, tidak cukup dengan hanya tanya jawab dari jarak jauh saja. Jika nyeri cukup berat maka anda dapat melakukan kompres hangat pada ketiak anda atau anda dapat mengkonsumsi obat pengurang rasa nyeri seperti paracetamol atau asam mefenamat.

    Sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan pada dokter terdekat.

    Semoga jawaban ini membantu.

     

    dr. Aldy Valentino