Tanya Dokter

  • selalu batuk ketika berasa di udara dingin dan ketika berasa di ruang hangat keringat keluar secara berlebihan

  • Halo dok.. mau nanya. saya laki2 usia 28 thn..

    1. mengapa kalau saya agak lama di tempat bersuhu dingin rasanya mau batuk2 gitu (rasanya ada lendir di kerongkongan)... ketika bernafas ada keluar bunyi 'nging' gt. apalagi kalau di dalam mobil yang berAC.. (sbg info keluarga saya tidak ada yang sakit asma.) tapi kalau sudah didalam ruangan bersuhu agak hangat sakit itu berangsur hilang.

    kemudian

    2. jika saya ada dalam ruangan yang cukup hangat, misalnya diruangan itu ada beberapa orang. keringat saya lebih banyak keluar/membanjir dibanding dengan orang lain itu. orang lain ini biasa saja bahkan mereka tidak berkeringat..

    jadi jika saya kedinginan rasanya langsung mau batuk kerongkongan berlendir trus jika agak hangat saya berkeringat berlebih.. (ribet ya..)

    Kenapa bisa gt dok ya???

    Thanks before... GBU

    Hai Gejala yang Anda alami kemungkinan akibat dari alergi pada cuaca atau lingkungan bersuhu dingin. Pada ruangan ber-AC, dimana suhu udara dingin ditambah dengan udara yang kering, pada beberapa orang yang mempunyai bakat alergi dingin dapat menimbulkan gejala seperti:

    • Batuk, kering atau disertai dengan lendir
    • Pilek atau hidung gatal
    • Hidung tersumbat.
    Selain dari pernapasan, gejala alergi juga dapat muncul pada kulit dengan gejala gatal disertai bentol kemerahan. Biasanya gejala berkurang pada cuaca panas, pada beberapa orang bergejala terutama pada pagi hari saat bangun tidur dimana suhu dingin dan setelah siang hari gejala menghilang. Untuk menghindarinya sebaiknya Anda menggunakan baju lebih tebal untuk menghangatkan bila tidak memungkinkan mematikan AC dikarenakan ruangan umum. Sedangkan untuk keringat dapat bervariasi dan berbeda antar tiap orang, ini tergantung dari jumlah serta aktifitas kelenjar keringat di kulit. Pada beberapa orang memiliki kelenjar keringat lebih aktif sehingga keringat dapat berlebih. Penyebab lain keringat berlebih seperti:
    • Kecemasan atau tegang
    • Gangguan hormon seperti peningkatan hormon tiroid
    • Gangguan persarafan
    • Dan lainnya.
    Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Rhinitis alergi Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william  

    Penyakit nya sama persis dg saya saya juga mengalami hal yg sama..