Tanya Dokter

  • Vagina panas dan perih saat berhubungan intim

  •  Diah25
    Anggota
    Gini dok...pernikahan saya itu baru umur 3bulanan, diawal pernikahan saya melakukan hubungan intim biasa aja, gak ada sakit sama sekali, setelah mens selesai saya iseng2 pake kondom sekitar 2 mingguan, setelah itu saya gak pakai lagi dan setelah selesai berhubungan rasanya vagina saya panas dan perih seperti terbakar trus saya coba besoknya pakai kondom lg dan gak ada rasa panas sama sekali, saya ulang2 seperti itu seminggu pakai kondom seminggu gak pakai dan rasanya emang nyaman pakai kondom dok..karena vagina saya baik2 saja gak ada rasa panas seperti gak pakai kondom..itu kenapa ya dok???kalo misalnya kurang pemanasan seharusnya terasa panas dua-duanya kan??

    Hai Diah25,

    Kondisi yang Anda alami di mana timbul rasa perih dan terbakar saat berhubungan seksual tanpa kondom kemungkinan dapat disebabkan oleh kurangnya cairan lubrikasi atau pelumas saat berhubungan intim. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya foreplay/pemanasan atau vagina yang kering akibat berbagai faktor. Saat Anda menggunakan kondom maka pelumas dari kondom melumasi vagina sehingga dapat mengurangi iritasi dinding vagina akibat gesekan saat hubungan seksual. Hal ini menyebabkan Anda merasa lebih nyaman saat berhubungan intim menggunakan kondom.

    Selain itu nyeri saat berhubungan intim dapat pula disebabkan oleh kondisi medis yang lain seperti:


    Apabila keluhan kerap berulang maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan agar penyebabnya dapat ditelusuri dan diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi dasarnya. Sementara ini untuk mengurangi timbulnya keluhan berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:

    • Lakukan foreplay/pemanasan yang cukup saat berhubungan intim
    • Bila vagina terasa kering dapat menggunakan lubricant/pelumas yang berbahan dasar air
    • Lakukan hubungan intim secara perlahan dan tidak terburu-buru
    • Komunikasikan dengan pasangan mengenai posisi yang nyaman dan tidak nyaman saat berhubungan intim
    • Istirahat yang cukup dan meminimalisir stres


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Menikmati hubungan intim tanpa rasa sakit

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman