Tanya Dokter

  • Pantangan kulit sensitif dan gatal

  • Malam dok, saya mau tanya mengenai pantangan makan. Umur saya 18 tahun dgn kandungan Hb 9,8 yg membuat kulit saya sensitif, menurut dokter spesialis kulit saya dianjurkan makan hati ayam dan sayuran hijau, padahal saya pantangan makan telur ayam lehorn, telur kampung, dan ayam potong. Saya bingung hati ayam apakah yang harus saya makan, mohon sarannya dok, terimakasih.

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Kondisi Hb Anda yang 9,8 tergolong ke dalam kondisi anemia (HB rendah). Anemia ini dapat menyebabkan rasa lemas, pucat, tidak bertenanga, dan jika berat dapat menyebabkan keluhan sesak napas dan nyeri dada. Hati ayam dan sayuran hijau merupakan bahan makanan yang tinggi zat besi. Zat besi ini sangat berperan dalam pembentukan hemoglobin sehingga dapat mengatasi anemia. Jika Anda alergi terhadap makanan tersebut, Anda dapat menggantinya dengan makanan lain yang juga tinggi zat besi seperti daging merah tanpa lemak, kacang-kacangan, susu kedelai, dan beras merah.  Anda juga dapat mengonsumsi suplemen zat besi setiap hari. Namun yang paling penting adalah mengetahui penyebab anemia Anda. Anemia dapat disebabkan oleh : 

    1. Kekurangan zat besi : zat besi yang kurang dapat diakibatkan oleh adanya perdarahan yang berlangsung lama atau karena asupan zat bes yang kurang

    2. Kekurangan vitamin B12 dan asam folat

    3. Adanya penyakit yang kronis (berlangsung lama) seperti tuberkulosis, penyakit ginjal, dan infeksi lain yang berlangsung lama

    4. Adanya kelainan sel darah seperti talasemia, leukemia, dll

    Anda sebaiknya memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab dari anemia Anda, Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan tambaha seperti tes darah. 

    Beberapa anjuran untuk Anda : 

    1. Konsumsi makanan yang tinggi zat besi

    2. Hindari terlalu sering mengonsumsi teh karena teh dapat mengganggu penyerapan zat besi

    3. Hindari konsumsi alkohol

    4. Istirahat yang cukup 6-8 jam sehari

    5. Makan makanan yang bergizi dan seimbang

    Semoga bermanfaat 

    Salam, 

    dr.Angga