Tanya Dokter

  • Pantangan makanan untuk patah tulang

  •  Sigit Ale
    Anggota
    Sala dok, selamat pagi, saya mau bertanya dok, umur saya kan 24, dengan kondisi pipi saya yang mengalami keretakan, ada pantangan makanan ga sih dok yang harus saya hindarin, termasuk aktifitas saya yang mulai mengendarai motor. Apa akan turut menghambat untuk kesembuhan saya? Satu lagi dok, banyak kontroversi statment yang mengatakan bahwa patah/ tulang dilarang makan telor dan ikan, apa benar? Terimakasih.. salam medis.

    Hai Sigit. Secara umum, tidak ada pantangan makanan pada patah tulang. Namun, mengingat patah tulang anda berada di pipi, maka pemilihan makanan disarankan untuk yang lebih lunak tergantung dari kondisi keparahan patah atau retak tulang anda sampai dokter mengatakan anda dapat makan dengan konsistensi biasa. Namun, anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter anda mengingat perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan keparahan patah tulang anda sehingga anda mendapatkan informasi yang lebih sesuai dengan kondisi anda. 

    Tulang sendiri, jika mengalami trauma seperti patah dan retak akan dapat tumbuh kembali setelah sekitar 2-3 minggu paska trauma. Melakukan fiksasi atau mengembalikan posisi tulang senormal mungkin penting agar pertumbuhan tulang baik. Pembatasan aktivitas sendiri tergantung dari letak patah tulang. 

    Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa