Tanya Dokter

  • Obat untuk panu di wajah

  •  Nodi
    Anggota

    Ass..

    Dok saya mau tanya.! Merk obat untuk panu diwajah yang ada di apotik apa yah dok,?tapi yang efektif dok

    Halo,   Obat panu yang dijual di pasaran cukup banyak dan cukup efektif menangani permasalahan panu (tinea versikolor) jika digunakan secara tepat dan pada kondisi (diagnosa) yang tepat pula. Beberapa jenis obat jamur (panu= tinea versikolor) antara lain adalah :

    1. Ketokonazol tablet dan topikal
    2. Miconazol tablet dan topikal
    3. Flukonazol tablet
    4. dll.
    Untuk pengobatan Tinea versikolor, penggunaan obat topikal (jika bercak infeksi kecil) bisa digunakan 2 kali sehari selama minimal 2 minggu. Setelah 2 minggu perlu dilakukan observasi ulang mengenai kondisi kulit, jika masih ada tanda infeksi jamur maka penggunaan obat topikal perlu dilanjutkan selama 2 minggu lagi sampai tuntas. Tinea versikolor/ panu adalah infeksi jamur pada kulit dengan gejala bercak keputihan/ kecoklatan yg terasa gatal dan makin melebar serta memiliki skuama tipis di pinggir bercak. Beberapa kondisi lain yg mirip dengan panu adalah :
    1. pitiriasis alba = bercak putih tanpa gatal, tidak membaik dengan pengobatan anti panu.
    2. Vitiligo = bercak putih susu, tanpa gatal dan bisa melebar.
    3. psoriasis
    4. Dermatitis
    5. dll.
    Maka jika pengobatan dengan obat anti panu keluhan Anda tidak membaik maka sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter kulit untuk perawatan maksimal. Mandi dua kali sehari dengan sabun antibakteri, ganti pakaian Anda setiap hari dan hindari penggunaan krim wajah yang tidak terdaftar BPOM untuk menghindari timbulnya bercak putih pada wajah. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Nodi  Nodi
    Anggota

    .makasih dok atas infonya,sangat membantu