Tanya Dokter

  • Pingsan yang disertai dengan kesulitan dalam berkomunikasi

  • Selamat malam dokter, saya ingin bertanya dok bapak saya 2 1/2 tahun yang lalu mengalami pingsan/kolep lalu dia tidak bisa mengeluarkan banyak kosa kata hanya beberapa kosa kata yang dia tau bahkan namanya sendiri pun dia susah sekali untuk menyebutkannya, saat di suruh bicara A yang keluar D dan kalau di ajak ngomong kadang tidak nyambung, emosional, ketakutan, berkeinginan keras, seperti orang stress, itu penyakit apa ya? Lalu bagaimana cara terapinya/ menyembuhkannya?

    Note: bapak saya mempunyai penyakit gula darah, dan kolestrol

    Vecko Hernando  dr. F. Sutandi
    Dokter

    Halo, Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter. Pingsan yang disertai dengan kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain ini disebabkan oleh banyak hal seperti masalah stroke, masalah penurunan gula darah, atau juga infeksi pada otak yang dinamakan meningitis. Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko mengalami kondisi otak tersebut adalah:

    • masalah darah tinggi
    • masalah kolesterol yang tinggi
    • makan makanan yang tinggi lemak dan kolesterol
    • ada hubungan seksual di luar nikah
    • konsumsi obat gula darah yang tidak disertai dengan sarapan/makanan yang cukup
    Perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan CT scan. CT scan ini dapat melihat apakah ada bagian otak yang sedang rusak. Bagian otak yang rusak ini mungkin menyebabkan masalah dalam berkomunikasi dan juga masalah emosi yang dialami. Selain itu, mungkin dokter akan melakukan pemeriksaan pungsi lumbal. Pemeriksaan pungsi lumbal ini bertujuan untuk melihat apakah ada infeksi otak yang terjadi. Dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan dan menentukan penyebab dari gejala yang dialami. Dokter akan melakukan rehabiltiasi apabila dialami kondisi stroke, terapi untuk berbicara dan juga terapi emosi. Apabila disebabkan oleh hipoglikemi, dokter akan mengatur gula darah Anda agar tidak terlalu rendah. Akan dilakukan pengaturan makanan dan pengaturan dosis obat agar Anda tidak mengalami gula darah rendah. Pengobatan dengan antibiotik diberikan untuk mengurangi infeksi yang dialami di otak. Salam Sehat, dr. Sutandi