Tanya Dokter

  • Keputihan yang berbau amis dan pap smear

  •  tuti irawati
    Anggota

    Pagi dokter saya stiap hari keputihan dan kadang suka berbau amis warnanyapun seperti susu putih .. apa boleh wanita belum menikah di pap smear ? Apa pap smear bisa merusak mis v ?

    Halo,   PAP Smear biasa dilakukan oleh wanita yang sudah aktif secara seksual (baik sudah menikah maupun belum , namun biasa dilakukan pada wanita yang sudah menikah). Jadi jika Anda aktif secara seksual Anda diperbolehkan melakukan PAP SMEAR. Pap smear adalah salah satu tindakan pemeriksaan dan diganostik dengan cara mengambil jaringan mukosa leher rahim dengan memasukkan spekulum ke dalam liang vagina dan mengoleskan kapas/ sikat khusus untuk mengambil sedikit sampel jaringan mulut rahim yang kemudian diperiksakan ke laboratorium. Jadi jika Anda belum aktif secara seksual tindakan ini tentu tidak bisa dilakukan karena akan merusak selaput dara yang nota bene masih menjadi tanda bukti keperawanan bagi sebagian besar masyarakat. Untuk keputihan yang Anda alami Anda bisa melakukan pemeriksaan lendir vagina yang sudah keluar ke laboratorium atau melakukan pemeriksaan swab vagina dengan alat khusus. Keputihan biasa disebabkan beberapa infeksi yang ditularkan melalui hubungan seks atau kondisi kebersihan organ intim yang buruk. Beberapa penyebab keputihan antara lain adalah :

    1. Infeksi gonore
    2. Infeksi trikomonas
    3. Infeksi chlamidia
    4. Infeksi candida (jamur)
    5. Vaginosis bakterial
    Periksakan diri Anda ke dokter kandungan terdekat untuk melakukan tes medis dan pemeriksaan yang perlu dan sesuai dengan Anda sehingga pengobatan bisa diberikan. Untuk mengatasi keputihan Anda bisa melakukan :
    1. Menjaga kebersihan organ intim dengan seksama
    2. Menggunakan celana dalam yang berbahan katun dan tidak ketat
    3. Hindari menggunakan pembalut yang menimbulkan alergi
    4. Melap kering organ intim setiap habis BAB/ BAK.
    5. Mengganti celana dalam jika basah.
    Baca topik Keputihan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    tuti irawati  tuti irawati
    Anggota

    Saya sudah diambil sample keputihan dokter dan sudah diambil sample darah juga tapi hanya di beri antibiotik jamur ketoconazol sampai obat itu habis pun tidak ada hasil, saya masih saja keputihan sampai saya pakai pantylener herbal stiap hari .. apa tindakan saya selanjutnya dokter agar saya tidak keputihan lagi ?