Tanya Dokter

  • Perlukah pemeriksaan papsmear sebelum vaksinasi kanker serviks ?

  •  deviaparajita
    Anggota

    dok saya mau tanya. saya mau imunisasi hpv. apakah perlu saya pap smear. saya juga berhubungan sama 1 orang saja. dan kalau dari hasil pap smear juga rata2 hanya 20% yang bermasalah itupun juga tidak semuanya terdapat virus hpv. saya juga tidak memiliki keluhan apapun. apakah tetap perlu pap smear karena imunisasinya berjarak seminggu lagi. ayah saya bilang malah kalau misal ada hpv kita tetap imunisasi malah langsung terkena kanker serviks. mohon jawabannya. trims

    Halo,

     

    Jika Anda sudah aktif secara seksual dan ingin melakukan vaksinasi HPV maka idealnya Anda perlu melakukan papsmear dan tes dna HPV sekaligus saat papsmear tersebut. Ini dilakukan  untuk melihat status infeksi Anda terhadap virus HPV dan untuk mendeteksi adanya gangguan pada servik.

    Dan Ya, ini diperlukan sebelum vaksinasi dilakukan.

    Jika pada servik tidak terdapat gangguan maka vaksinasi bisa diberikan, namun jika ada gangguan pada servik maka obati terlebih dahulu gangguan yang ada sebelum vaksinasi dilakukan.

    Kanker servik tidak disebabkan oleh vaksinasi karena vaksin HPV bukan merupakan vaksin DNA hidup. Namun jika Anda sudah terinfeksi oleh virus sebelum vaksin diberikan maka manfaat dari vaksinasi tidak bisa didapatkan secara optimal. 

    Vaksin HPV yang tersedia di Indonesia saat ini terdapat 2 jenis. Untuk pemilihan jenis vaksin maka Anda bisa menimbang atau meminta rekomendasi dari dokter yang melakukan pemeriksaan terhadap Anda.

    Perbedaan dari kedua jenis vaksin yang beredar adalah pada tipe strain yang dimiliki, pada salah satu jenis vaksin terdapat lebih banyak strain HPV sehingga bisa memberikan perlindungan lebih banyak terhadap strain virus tersebut.

    Selain vaksinasi untuk mencegah Anda juga bisa melakukan pola menjaga kesehatan organ intim, menghindari rokok, menghindari seks bebas dan setia kepada pasangan Anda serta gunakan kondom.

    Semoga bermanfaat.

     

    dr. Yusi