Tanya Dokter

  • Usia berapakah pap smear boleh dilakukan?

  •  Debbia Arf
    Anggota
    Dok saya lahir tanggal 9-Maret-2000 berarti sekarang umur saya 17thn 8bulan , dan saya menikah tanggal 03-Januari-2016 pada saat usia saya 15thn 10bulan , nah karna saya sudah menikah saya sering berhubungan sexs dengan suami saya dan saat ini saya sedang hamil 8 jalan 9bulan dok , niat saya setelah saya Abis melahirkan apa boleh saya melakukan pap smear pada usia saya yang ke 18thn? Saya baca di Google kata nya Kalo mau pap Smear harus usia 21 tahun ke atas , saya minta info nya dong Dok , makasih .

    Halo Debbia,

    Terima kasih atas pertanyaanya. Pap smear merupakan pemeriksaan yang bertujuan untuk mengetahui keadaan sel-sel pada leher rahim. Pemeriksaan ini berguna untuk mendeteksi adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada leher rahim yang dapat berkembang menjadi kanker leher rahim/ kanker serviks. Para ahli menyarankan pemeriksaan ini untuk wanita usia 21 tahun ke atas. Namun, jika Anda sudah aktif berhubungan badan sebelum usia tersebut, pemeriksaan ini dapat dilakukan. Tes ini dianjurkan setiap tiga tahun sekali untuk usia 21-65 tahun. Pada beberapa kasus, pemeriksaan pap smear dikombinasikan dengan tes untuk mendeteksi human papillomavirus (HPV), terutama pada wanita 30 tahun ke atas. Jika hasil HPV negatif, untuk usia 30-65 tahun, pemeriksaan ini dapat dilakukan setaip 5 tahun sekali.

    Anda disarankan untuk tidak berhubungan badan dan tidak menggunakan pembersih vagina 2-3 hari sebelum pemeriksaan untuk hasil yang lebih baik. Jika Anda sedang menstruasi, Anda juga disarankan untuk menunda pemeriksaan ini hingga Anda bersih dari darah menstruasi.

    Silakan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

    Semoga membantu.

    Dr. Aloisia