Tanya Dokter

  • Penggunaan paraben dan soy probiotik untuk ibu hamil

  •  Raras Saga
    Anggota
    Dok,hampir semua produk yang saya pakai mengandung paraben. Tepatnya metilparaben dan propilparaben. Apakah paraben sangat tidak boleh untuk ibu hamil? Kalau produknya mengandung soy probiotik dan lechitin bagaimana dok? Apakah akan berdampak buruk pada kehamilan? Terima kasih dok.

    Halo Raras Saga,

    Paraben adalah sejenis preservatif (pengawet) yang banyak terkandung di dalam produk mandi dan kosmetik, untuk menjaga ketahanan suatu produk. Tidak semua jenis paraben berbahaya dan dalam kadar yang sangat rendah sebenarnya tidak memiliki efek yang signifikan terhadap kesehatan. Efek penggunaan paraben selama kehamilan belum banyak diteliti secara ilmiah, namun secara garis besar jenis metilparaben dan etilparaben dapat menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang dan juga penuaan dini. Beberapa studi juga menemukan bahwa paraben yang masuk ke dalam tubuh memiliki efek seperti hormon estrogen yang merupakan faktor resiko terjadinya kanker apabila dikonsumsi dalam kadar dan jangka waktu tertentu. Dengan demikian, akan lebih baik jika menghindari paraben dalam produk yang digunakan.

    Mengenai soy probiotik dan lecithin, penelitian terhadap ibu hamil juga belum memadai untuk mengambil kesimpulan mengenai keamanannya, namun secara prinsip jika komponen ini berasal dari bahan alami dan sebenarnya masih aman untuk ibu hamil selama tidak dikonsumsi secara berlebihan. Bila produknya dimakan pastikan telah diproses sehingga tidak dikonsumsi mentah. Hentikan penggunaan apabila timbul reaksi pada tubuh, dan perhatikan juga kandungan-kandungan lain yang terkandung dalam produk yang anda gunakan. Tidak ada salahnya untuk mengkonsultasikan produk-produk yang anda konsumsi dengan dokter kandungan atau dokter kulit.

    Perawatan kulit dan tubuh selama kehamilan yang terbaik adalah tetap mengkonsumsi bahan-bahan makanan alami sehari-hari dan mengkonsumsi air yang cukup (6-8 gelas per hari), menjaga kebersihan kulit dengan mandi teratur, dan istirahat yang cukup terutama di malam hari.

    Anda dapat membaca artikel terkait: perawatan wajah selama hamiltetap mempesona selama hamil

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira