Tanya Dokter

  • Sakit pinggang kanan hingga tembus ke perut

  •  jusmitha novi
    Anggota
    dok, saya baru 17th. sudah sebulan lebih pinggang saya sebelah kanan nyeri sampe ngilunya ke pinggul. trus belakangan ini sakitnya tembusnya ke perut bawah kanan. itu kenapa ya dok? trus saya udah periksa ke dokter saraf, bilangnya saya kejang otot karna kalo angkat berat pinggang saya suka sakit. tp ko sampe tembus ke perut ya kdang dok? ke perut bawah kanan?

    Halo jusmitha novi,

    nyeri pada pinggang kanan memang benar dapat disebabkan oleh tegang otot, namun apabila setelah obat-obatan dari dokter tidak membaik dan timbul nyeri pada perut kanan bawah perlu juga dicurigai beberapa penyebab lainnya seperti:

    Mengingat keluhan yang anda rasakan sudah berlangsung cukup lama, disarankan agar anda kontrol kembali ke dokter penyakit dalam agar dapat dilakukan evaluasi lanjut, bila terdapat indikasi dokter dapat menyarankan pemeriksaan penunjang seperti cek darah, ultrasonografi, cek urin, dsb. 

    Penanganan tentunya akan disesuaikan dengan hasil diagnosis dokter, misalnya bila terbukti radang usus buntu atau ditemukan batu pada saluran kemih, anda akan dirujuk ke dokter spesialis bedah untuk penanganan selanjutnya, atau bila terbukti menderita infeksi saluran kemih dapat diberikan pengobatan antibiotik untuk jangka waktu tertentu.

    Sementara ini beberapa anjuran yang perlu anda perhatikan: 

    • mengkonsumsi air yang cukup dan makanan lunak, hindari makanan pedas dan asam
    • istirahat yang cukup, kurangi aktivitas berat, 
    • jangan memijat perut, 
    • boleh mengompres perut dengan kain hangat, 
    • hindari mengkonsumsi obat nyeri selama kemungkinan radang usus buntu belum disingkirkan oleh dokter

    Tanda-tanda bahaya yang harus anda waspadai adalah bila nyeri memberat dan meluas ke seluruh perut, demam tinggi, terdapat perdarahan hebat, muntah-muntah hebat, dan terjadi penurunan kesadaran. Jangan tunda untuk membawa ke instalasi gawat darurat terdekat.

    Anda dapat membaca artikel terkait: nyeri perut kanan bawah

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam dr. Delvira