Tanya Dokter

  • Perdarahan pada penderita kanker serviks

  •  RiSma
    Anggota
    Dok ibu saya divonis menderita gejala kanker rahim, sudah diobati herbal, kadang merasa sakit perut, pendaran hanya satu kali saat diketahui gejalanya ,akhir" ini beliau mengalami pendarahan seperti haid setiap harinya , tp setelah pendarahan ternyata malah tidak merasa sakit perut, apa itu bahaya dok?

    Halo Risma......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, kanker rahim merupakan sebuah jenis kanker yang menyerang rahim atau sistem reproduksi wanita. Kanker ini dalah bahasa medis juga biasa disebut sebagai kanker endometrium.

    Gejala - gejala yang dapat muncul jika seorang wanita menderita kanker rahim, diantaranya adalah : munculnya pendarahan dari vagina di luar siklus menstruasi atau pada saat menopause, timbulnya rasa sakit pada perut atau panggul, kelelahan, nyeri pada saat berhubungan seksual, dan lain sebagainya.

    Pengobatan kanker rahim yang umum dilakukan adalah dengan histerektomi atau operasi pengangkatan rahim. Histerektomi dapat dilakukan untuk menyembuhkan kanker rahim stadium awal, namun membuat pasien tidak dapat hamil lagi.

    Kemoterapi dan radioterapi juga biasanya digunakan untuk pengkombinasian pengobatan setelah tindakan pembedahan. Dan perlu Anda ketahui sampai saat ini tidak terdapat obat - obatan herbal yang dapat menangani kanker rahim.

    Kami sangat menyarankan kepada ibu Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis onkologi, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan kepada ibu Anda sesuai dengan kondisi ibu Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam, 

     

    Dr. jati