Tanya Dokter

  • Penanganan benjolan di bawah rahang

  • Hy dok..saya ada benjolan dibawah rahang sebelah kanan.itu cara pengobatannya gmna ya dok??Mohon informasinya
    Nizar Ramadhan  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Nizar Ramadhan,

     

    Munculnya benjolan di bawah rahang dapat menjadi tanda dari beberapa kemungkinan penyakit diantaranya :

     

    • Pembengkakkan pada kelenjar getah bening ( Limfadenitis )
    • Parotitis (peradangan pada kelenjar air ludah)
    • Adanya memar akibat trauma
    • Kista
    • Tumor

     

    Pada penyebab benjolan akibat infeksi, pengobatan dilakukan dengan pemberian antibiotik atas instruksi dari dokter yang melakukan pemeriksaan namun apabila penyebab disebabkan karena adanya kista atau kemungkinan tumor maka mungkin dapat dilakukan pembedahan atau dilakukan kemoterapi pada kemungkinan penyebab tumor sehingga sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui kemungkinan penyebab dari benjolan yang muncul di bawah rahan yang anda alami.

     

    Melalui proses konsultasi, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG, pemeriksaan darah atau foto Roentgen dapat dilakukan untuk membantu menunjang hasil diagnosa sehingga pengobatan dapat dilakukan dengan lebih maksimal.

     

    Sementara itu, anda diharapkan untuk tidak melakukan manipulasi seperti memencet benjolan atau berusaha mengeluarkan isi benjolan. Apabila benjolan terasa nyeri, anda dapat mengompres menggunakan air dingin atau dengan mengkonsumsi obat paracetamol. Cukup beristirahat dan juga mengkonsumsi makanan yang bergizi. Anda juga dianjurkan untuk hindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi