Tanya Dokter

  • Kematian pada bayi prematur

  •  Nuna nuryanto
    Anggota
    Ass dok.q mau tanya sudah sbulan q melahrkan anak kedua kami dg lhr prematur bratnya hny 2kg.awalnya q melhrkn krn bdnku panas.sdah q priksa tpi 1hr msh trasa pns akhrya q priksa lg ama bdn kadungan sklyan usg.stelah dipraksa ktnya kehmlnku 8bln pdahal tiap kli q priksa perkraan bnr.trs krn bdn q pns doktrya sruh q dirjuk dirmh skt utk dipntau detek jntungya.stba dirmh skt doktr blng hrus sgera operasi ktya detk jntungya mlebhi yg normal.stelah operasi byiku lhr dg mengs kencg tp stelh 1hr dkter blg ada bermslh dg pernpsnya.dr 1hr byiku lhr diinkubator mlmya byiku ngedrop doktr srh dirjk dirmh skt yg fsltsy lengkp yg qtau doktr blg byiku pernpsany ada trikn dri dada.krn ktrbtsan biaya byiku akhrya meniggal.sempt jg dirjk tp ktnya sdh terlmbt.akhrya byiku hidup hny 3hri& itu membuat hdpku hncr sektka btpa sktya ht yg kurskn.yg q mau tanya apa klau demam bayi hrs di kluarkn apa gak bs diobti atau rwat pdhl dktr kndngan hny bilng dipntau tp knp hrs dioprasi.tlong jwbnya ya dok trm ksh.

    Waalaikum salaam,

    Adanya demam pada ibu hamil, menunjukkan adanya proses tertentu dalam tubuh, baik berkaitan dengan sakit pada ibu sendiri ataupun disebabkan dari kehamilannya. 

    Adanya sistem rujukan yang dilakukan, menunjukkan adanya indikasi gawat janin ataupun gawat ibu hamil, dengan demikian, penyelamatan dan penatalaksanaan kondisi kegawatan ini perlu dilakukan sedini mungkin untuk melindungi janin dan ibu.

    Setiap waktu atau menit/ jam selama evalausi dan observasi sangat menentukan kondisi kesehatan janin Anda dan Anda sendiri. Sehingga pada satu titik tertentu (detak jantung janin meningkat atau suplai oksigen ke janin yang kurang) menunjukkan kondisi gawat janin , sehingga diupayakan tindakan terbaik untuk janin dan Anda sendiri.

    Namun adanya faktor penyulit seperti gangguan pernafasan pada bayi Anda setelah lahir dapat menyebabkan kondisi bayi semakin menurun dan beresiko.

    Oleh karena itu, semua proses yang Anda alami sebaiknya Anda langsung diskusikan dengan dokter kandungan Anda atau dokter anak Anda, karena tindakan yang dilakukan berkaitan dengan perkembangan resiko selama proses kehamilan dan setelah persalinan yang Anda jalani. Dan secara umum, tindakan operasi yang dilakukan mempunyai indikasi khusus yang mengharuskan untuk dilakukan demi keselamatan janin ataupun ibu hamil.

    Untuk mencegah kondisi berulang, maka dalam kehamilan selanjutnya, sebaiknya Anda melakukan kontrol langsung ke dokter kandungan Anda, karena adanya riwayat kehamilan beresiko. Selain itu, selama kehamilan selanjut, jagalah kondisi fisik Anda, hindari kelelahan fisik yang berturut-turut, stres selama kehamilan, tidur larut malam selama kehamilan, rokok atau asap rokok, serta cukupi kebutuhan gizi sehat selama kehamilan. 

    Dengan kontol rutin, sebelum kehamilan/ saat merencanakan kehamilan dan selama kontrol selama kehamilan, diharapkan dapat mencegah resiko berulangnya kondisi ini.

    Dan untuk saat ini, yang dapat Anda lakukan adalah berdoa akan kebaikan anak ibu, serta berserah diri ke pada Sang Pencipta. Karena segala keresahan ini tidak akan mengobati sakit hati Anda, namun akan semakin memperberat langkah Anda. 

    Keikhlasan hati akan menguatkan Anda dan suami anda untuk tetap tabah serta tetap berusaha untuk kehamilan selanjutnya yang lebih baik. 

    Selama Anda merasa bersedih berkepanjangan, maka semakin sulit untuk mencapai keikhlasan hati Anda. Semua ini ada makna dari kesedihan yang anda rasakan. Oleh karena itu, tetap berfikir positif dan mengikhlaskan semua cobaan ini.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga gawat-janin.

    dr. Ulfi