Tanya Dokter

  • Penyebab kejang-kejang

  •  Tika MusTika
    Anggota
    Alodokter. Dok Sya mau tanya adik sya pke behel gigi wktu dy pke behel sudah lma. Nah wktu itu giginya di psang ring. Nah stelah beberapa hri dy mengelu sakit pda lidah gra2 ketusuk ring tpi kenapa yaa dok kok dy bisa mengalami kejang-kejang mulutnya keluar busa jga dok itu kejadiannya blang oktober awal. Skrang dy mengalami kejang2 lgi dok. Apakah kejang2nya efek dri behelnya atau apa yaa dok. Tlong di jawab yaa dok...

    Halo Tika, 

    Sel-sel saraf di otak membuat, mengirim dan menerima impuls listrik yang memungkinkan sel-sel saraf di otak berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Apapun yang mengganggu jalur komunikasi ini dapat menyebabkan kejang. Kejang ialah kontraksi otot-otot yang tidak terkendali. 

    Penyebab kejang banyak sekali, yang paling umum adalah epilepsi, yang  ditandai oleh kejang tanpa demam lebih dari satu kali dengan pola/jenis kejang yang serupa. Selain epilepsi, penyebab  lainnya diantaranya adalah: 

    • Demam tinggi
    • Meningitis, radang selaput otak
    • Hiponatremia, kekurangan natrium dalam darah, biasanya pada orang yang meminum obat-obatan diuretik
    • Cedera kepala yang membuat cedera/perdarahan otak
    • Stroke
    • Tumor otak
    • Obat-obatan/zat tertentu misalnya kokain atau amfetamin

     

    Masih banyak penyebab lainnya, tetapi dari cerita Anda, kemungkinan besar tidak berhubungan dengan pemasangan kawat gigi. Kawat gigi yang dipasang di dokter gigi terbuat dari logam yang biokompatibel dan aman bahkan jika tidak sengaja tertelan. Walaupun terjadi alergi logam (sangat jarang terjadi), biasanya tidak berat dan tidak menyebabkan kejang. 

    Sebaiknya adik Anda segera dibawa ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya setelah tanya jawab dan pemeriksaan fisik, akan dilakukan pemeriksaan EEG untuk memeriksa gelombang otak, CT scan, pemeriksaan darah atau pemeriksaan lain yang terkait. Setelah penyebabnya diketahui, dokter akan menentukan pengobatan yang sesuai penyebabnya. 

    Jangan lupa kontrol kawat gigi ke dokter gigi untuk menangani tusukan ring tersebut agar tidak menyebabkan luka maupun ketidaknyamanan. 

    Bacalah tentang: Epilepsi dan Kejang

    Salam, 

    dr. Mega