Tanya Dokter

  • Penyebab sering sendawa dan mual

  •  Dito Prasetyo
    Anggota
    Siang dok, saya sudah hampir 2 bulan ini sangat sering bersendawa dan mual terlebih di pagi hari dan setelah makan, saya sudah 3 kali ke dokter + cek darah dan urin namun menunjukan hasil normal, apa ini gejala asam lambung saja atau ada penyebab lainnya dok? Terima kasih

    Halo Dito........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa seringnya bersendawa dan juga mual, Paling sering disebabkan oleh karena penyakit yang terkait organ lambung.

    Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyerang organ lambung, diantaranya adalah : gastritis === peradangan pada dinding lambung bagian dalam, tukak peptik === luka yang terjadi pada dinding lambung bagian dalam, penyakit asam lambung / GERD, kanker lambung.

    Akan tetapi selain oleh karena penyakit yang telah disebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : sindrom iritasi usus, hepatitis, peradangan pada pankreas, gangguan kesehatan pada lambung, dan lain sebagainya.

    Oleh karena hal ini sudah Anda alami selama kurang lebih dua bulan, maka solusi yang terbaik adalah dengan menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, dianaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, USG khusus perut, endoskopi, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati