Tanya Dokter

  • pengobatan untuk penyakit parkinson

  •  deniiteza
    Anggota
    Apakah Parkinson dapat disembuhkan? Apa saja pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis Parkinson? Obat dan terapi seperti apakah yang bisa membantu? Terimakasih

    Selamat siang, Deni. Terima kasih atas pertanyaan Anda.

    Penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah pada substansia nigra yang berfungsi mengirim pesan ke berbagai saraf di tulang belakang yang berfungsi untuk mengatur pergerakan tubuh. Pesan yang dikirimkan ini dalam bentuk neurotransmitter yang bernama dopamine. Pada Parkinson julah dopamine ini mengalami penurunan.

     

    Penyakit ini umumnya menyerang laki laki pada usia tua (>50 tahun) namun terdapat 5% kasus dimana kondisi parkinson muncul pada usia 40 tahun-an. Gejala yang dialami oleh penderita ini memiliki 4 ciri khas dengan singkatan TRAP :

    1.   Tremor (Gemetar yang tidak bisa dikendalikan (tremor) pada salah satu bagian tubuh seperti tangan atau jari atau bagian tubuh lainnya pada saat bagian tubuh tersebut diam atau istirahat)

    2.   Rigiditas (Kekakuan otot atau rigiditas dapat menyebabkan ekspresi wajah dan gerakan tubuh menjadi terbatas)

    3. Akinesia/Bradikinesia (Melambatnya gerakan atau bradikinesia sehingga aktivitas sederhana menajdi sulit dilakukan seperti berjalan langkah menjadi pendek

    4.    Postural instability. Berkurangnya keseimbangan dan juga koordinasi tubuh.

     

    Pada stadium awal, terdapat gejala yang dapat terjadi yaitu :

    §  Merasa lemah atau terasa lebih kaku pada sebagian tubuh.

    §  Gemetaran halus pada salah satu tangan saat beristirahat.

     

    Gejala lain yang dapat terjadi yaitu :

    ·         Kehilangan kemampuan gerakan otomatis seperti berkedip

    ·         Perubahan cara biacara menjadi tidak jelas

    ·         Depresi dan mudah cemas

    ·         Sulit tidur atau insomnia

    ·         Demensia penderita menajadi muda lupa

    ·         Hilangnya indera penciuman

    ·         Sering mengompol

    ·         Sembelit

    ·         Sulit menelan makanan

    ·         Ras terbakar, dingin, atau kesemutan pada tubuh

     

    Untuk menentukan diagnosa Parkinson, akan lebih baik untuk mengkonsultasikan kepada dokter mengingat ada beberapa penyakit yang memiliki gejala yang sama seperti hipertiroid, atau penyakit lain dll. Dokter nanti akan menanyakan keluhan penderita dan akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti CT SCAN, SPECT Scan, PET SCAN maupun MRI. Namun pemeriksaan dokter terkait dengan gerakan dan sifatnya serta pemeriksaan fisik dan mental dapat membantu diagnosa yang ada.

     

    Hingga saat ini, penyakit Parkinson belum memiliki obat penyembuhnya. Pengobatan dan juga penanganan yang tersedia hanya ditujukan untuk meringankan gejala yang dialami. Pengobatan dilakukan untuk menjaga kualitas hidup penderita agar bisa beraktivitas senormal mungkin. Pengobatan yang diberikan juga sesuai dengan derajat keparahannya. Pengobatan yang dapat diberikan berupa fisioterapi, perubahan menu makanan, terapi bicara dan dengan obat – obatan bahkan operasi. Obat – obatan yang diberikan berupa obat golongan agonis dopamine dan levodopa. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah Parkinson dan membantu terapinya :

    1. Istirahat yang cukup.
    2. Lakukan manajemen stress
    3. Makan makanan yang bernutrisi seimbang secara teratur
    4. Olahraga secara teratur untuk melatih kekuatan otot

    Semoga bermanfaat,

     

    dr. Dian