Tanya Dokter

  • Gejala penyakit tuberkulosis

  • Pagi dok, Saya pria usia 24 tahun, kebetulan kemrn saya 3 minggu yang lalu saya rontgen paru, dan hasilnya saya suspect tb. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan darah untuk cek tb dinyatakan negatif. Kesimpulan dr dokter spesialis saya tidak tb.

    Beberapa minggu terakhir saya meriang dan sedikit demam, hampir setiap sore hingga malam. Tetapi tanpa batuk, tetapi pada pagi hari tidak.

    Apakah ada kaitan antara rontgen saya dengan kondisi saya sekarang? Apakah ada kaitan dengan tb? Dan apa selanjutnya yang saya lakukan terkait rontgen? Dapatkan bercak di paru dihilangkan?

    Ryan Matius Putra  dr. Danny
    Dokter

    Hai. TBC meeupakan suatu infeksi yang disebabkan karena infeksi bakteri tahan asam. TBC dapat menginfeksi berbagai organ, termasuk paru. TBC paru ditularkan melalui udara pernafasan atau ludah. Jika anda melakukan rontgen dan didapatkan hasil sugestif TB maka hal tersebut memang belum tentu anda terkena TBC. Karena diagnosis TBC tidak hanya didasarkan pada rontgen saja. Jadi jika anda tidak bergejala maka selain foto rontgen perlu dilakukan pemeriksaan tambahan lain seperti pemeriksaan darah, atau pemeriksaan dahak. dan jika anda sudah didiagnosis bukan TBC oleh dokter anda berarti anda tidak mengalami suatu TBC. Keluhan demam dan meriang yang terutama pada malam hari dapat disebabkan karena banyak penyebab seperti:

    • tifus
    • infeksi usus
    • demam berdarah
    • Radang tenggorokan
    • dll
    jika anda masih ragu terhadap hasil rontgen anda, anda dapat melakukan pemeriksaan dahak. Bercak di paru yang disebabkan karena TBC dapat dihilangkan dengan konsumsi obat TBC secara teratur dan tuntas. Biasanya setelah selesai masa pengobatan, bercak pada paru akan membaik. disarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter mengenai demam yang anda rasakan sekarang, swhingga dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan nanti dokter dapat memberikan terapi yang tepat untuk anda. berikut artikel yang dapat anda baca mengenai TBC semoga bermanfaat. Terimakasih dr. Danny