Tanya Dokter

  • Pengaruh pemasangan IUD terhadap kehamilan

  •  Vhitry Dinami
    Anggota

    Dok sya dina, sya mau tnya dok sya pasang iud udh 2thn dok semenjak kelahiran anak sya yg pertama, tapi belakang terakhir ini sya telat datang bulan udh hampir 2bln dok biasa nya sih mens nya lancar dok tapi belakangan ini telat dok terus 4 hri yg lalu kya ada bercak darah tpi wrnanya kecoklatan gtu dok apa bisa dok pake iud tapi masih bsa hamil. Trus kalo msalkan hamil dok ke ganggu ga sama baby nya kan di rahim nya masih ada iud dok. Mhon infonya dok :)

    Hai Vhitry KB spiral (IUD/intrauterine device) salah satu metode kontrasepsi yang sangat efektif untuk mencegah kehamilan dimana cara kerjanya adalah tembaga pada spiral menimbulkan respon peradangan sehingga menurunkan kualitas sel sperma pria untuk membuahi sel telur wanita. Tipe KB spiral lainnya adalah yang mengandung hormon progesteron dimana cara kerjanya menghalangi pelepasan sel telur dari indung telur serta mengentalkan lendir leher rahim sehingga sel sperma sulit untuk masuk. Setiap metode kontrasepsi sementara pasti memiliki tingkat kegagalan, namun sangat kecil. Berdasarkan statistik, tingkat kegagalan dari KB spiral sekitar 0.2-0.8%. Risiko terjadinya kehamilan terutama bila terjadi perubahan posisi dari KB spiral. Terlambat haid tidak selalu disebabkan oleh kehamilan, adanya perubahan hormon sementara misal akibat:

    • Kelelahan fisik.
    • Stres psikologis.
    • Perubahan berat badan secara drastis misal setelah diet ketat.
    • Kegemukan atau terlalu kurus.
    • Menyusui.
    Dapat menyebabkan terlambat haid yang menyerupai kehamilan. Untuk memastikannya, lakukan pemeriksaan tes pack yang dapat dibeli di apotek terdekat. Bila memang terjadi kehamilan, namun KB spiral masih berada di dalam rahim, maka sebaiknya dilakukan pencabutan sedini mungkin terutama saat usia kehamilan kurang dari 3 bulan. Adanya spiral saat kehamilan dapat berisiko terjadi gangguan perkembangan janin serta keguguran, namun tidak selalu karena seringkali juga kehamilan tetap aman walaupun spiral berada di dalam rahim sampai persalinan. Berikut informasi dan diskusi terkait yang dapat Anda ikuti: Hamil saat IUD masih di dalam rahim. Terlambat haid tidak selalu dikaitkan dengan kehamilan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william