Tanya Dokter

  • Solusi atasi gangguan bentuk dan fungsi wajah pada wanita riwayat operasi hemangioma

  •  Amantra Nadya
    Anggota
    Hay dok Saya perempuan berusia 24 tahun Dulu ketika balita, saya mengalami Hemangioma sejenis tumor di wajah sebelah kiri hingga saya di operasi Tapi, saya kehilangan sebagian wajah kiri saya. Wajah saya jadi tidak sama antara wajah kanan dan kiri. Dan hingga saat ini bekas operasi di wajah kiri saya masih tampak jelas terlihat walau sudah 24 tahun berlalu. Senyum pun tidak seimbang ketika senyum/ tertawa bibir saya lebih tertarik ke kanan, karena wajah bagian kiri saya seperti mati. Hidung saya pun lubangnya agak berbeda yg kiri dan yg kanan. Yg kiri tergolong kecil tidak sama dgn yg kanan. Dan ketika mata kiri saya berkedip ada syaraf yg tertarik dari bibir hingga hidung saya sehingga ikut terangkat juga tiap kali mata berkedip. Apakah ada opsi yg lain selain operasi plastik dok ? Untuk membuat pipi kiri dan hidung kiri sama dengan pipi kanan dan hidung kanan ? Serta senyuman saya yg tidak seimbang ?

    Salam,

    Hemangioma merupakan suatu pertumbuhan abnormal pembuluh darah yang menyebabkan benjolan kemerahan atau kehitaman pada area tubuh tertentu, seperti kepala, wajah, lengan, atau punggung.  Ukuran yang kecil kemungkinan tidak diperlukan tindakan medis tertentu, karena dapat hilang setelah anak berusia lebih besar. Namun, pada hemangioma yang besar, maka tindakan operasi kemungkinan akan diperlukan.

    Bila hemangioma ini terdapat pada daerah wajah, sehingga dipertimbangkan perlunya tindakan operasi karena pertimbangan ukuran dan letak hemangioma, progresivitas pertumbuhan, serta kemungkinan regresi/mengecilnya hemangioma; maka adanya bekas luka paska operasi hemangioma menjadi kendala tersendiri bagi pasien. Bekas luka serta jaringan parut yang di alami dapat menyebabkan perubahan bentuk wajah serta gangguan fungsi secara umum. Hal ini seperti keluhan yang Anda sampaikan, sehingga penanganan bedah plastik menjadi pilihan pemulihan keluhan Anda.

    Alternatif penanganan yang  lain seperti rehabilitasi medis setelah operasi, seharusnya dapat dilakukan setelah operasi hemangioma, sehingga membantu meminimalkan komplikasi gangguan gerak setelah operasi.

    Dengan demikian, sebaiknya Anda berdiskusi dulu dengan dokter bedah plastik di kota Anda, diskusikan keluhan Anda, serta sampaikan keinginan atau target minimal Anda kepada dokter bedah, sehingga dokter dapat memberikan masukan secara optimal tahap demi tahap. Bila pun Anda tidak melakukan tindakan operasi plastik, minimal, Anda memahami rencana dokter dan biaya yang diperlukan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga hemangioma.

    dr. Ulfi