Tanya Dokter

  • Demam setelah melakukan hidrotubasi

  •  Mei13
    Anggota

    Halo dok, perkenalkan saya Mei 33 thn sedang menjalani proses program kehamilan. Dok mohon petunjuk, setelah hidrotubasi sekitar 2jam setelahnya, suhu tubuh nik menjadi 37 derajat. Apakah itu normal? Lalu dihari kedua pada sore hari suhu tubuh saya kembali naik di 37-38 derajat. 


    Adakah 0bat minum khusus untuk menjaga saluran rahim saya pasca hidrotubasi selain obat-obatan cair yang dimasukkan saat prosedur berjalan dok?


    Terimakasih sebelumnya dok,


     


    Salam


    mei


     


     


     

    Halo  Mei13, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Hidrotubasi adalah suatu metode diagnostik dan terapeutik pada kondisi sumbatan pada tuba fallopi (saluran yang menghubungkan rahim dengan ovarium) yang dilakukan dengan menyuntikkan cairan dan obat-obatan tertentu ke dalam tuba. Angka keberhasilan hidrotubasi dalam mengembalikan patensi tuba fallopi dan keberhasilan masih sangat bervariasi pada berbagai penelitian, kadang diperlukan pengulangan terapi hidrotubasi untuk mencapai hasil yang diharapkan.

    Melakukan terapi hidrotubasi, terutama hidrotubasi berulang bukan tanpa risiko. Berikut ini adalah beberapa efek samping dilakukannya hidrotubasi:

    1. Nyeri saat prosedur dilakukan
    2. Kerusakan pada pergerakan sel-sel di tuba fallopi hang meningkatkan risiko terjadinya kehamilan ektopik
    3. Meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi
    4. Meningkatkan kemungkinan terjadinya hydrosalpinx, yaitu penumpukan cairan di tuba fallopi yang menyebabkan tuba fallopi menjadi membesar berisi cairan
    5. Meningkatkan risiko terjadinya pecah tuba fallopi

     

    Demam didefinisikan sebagai peningkatan suhu tubuh di atas 37.5 derajat celcius. Bila anda mengalami peningkatan suhu tubuh hingga mencapai 38 derajat celcius, ada baiknya anda memeriksakan diri kembali ke dokter kandungan yang melakukan tindakan hidrotubasi pada anda. Demam yang terjadi paska tindakan dapat mengindikasikan terjadinya infeksi.

    Sementara itu, anda dapat mengkonsumsi obat antinyeri dan antidemam seperti parasetamol untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang anda rasakan.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia