Tanya Dokter

  • Sesak nafas pasa kecelakaan

  •  yupita
    Anggota

    Dok, sehari yang lalu, sekitar pukul 7 pagi, saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan saya terlempar ke pohon agak besar. Tepatnya, bagian tubuh kiri saya dari kepala kiri sampai punggung kiri. Sesaat setelah saya terlempar, saya sesak nafas sekitar 1.5 menit. Saya batuk-batukin. Selain itu, saya merasakan pusing, tengkuk, leher belakang, pundak kiri, punggung kiri, dan badan saya sakit semua. Pas agak sore, malah ada tambahan mual. Pas pagi saya bangun tidur saya bangun tidur, kaki saya dari lutut sampai telapak kaki kesemutan sampai tidak bisa digerakkan. kesemutan itu berlangsung sekitar 1 jam. Setelah kesemutannya sembuh saya berdiri, dan kaki saya terasa lemas sekali. Sampai-sampai tidak kuat menahan badan saya. Jika saya tidak berpegangan, saya tidak bisa berdiri. Tapi setelah saya berjalan-jalan sekitar 2 jam-an, kaki saya sudah kuat kembali dan tidak lemas. Sampai sekarang, leher belakang, punggung kiri dan pundak kiri saya masih terasa sakit sekali. Kepala juga masih agak pusing. Mohon dijelaskan apa yang terjadi pada saya dan apa yang harus saya lakukan. Terima kasih.

    Hai,   Sangat sulit untuk menentukan apa yang terjadi pada Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik pada Anda. Saran saya adalah periksakan diri Anda ke dokter terdekat untuk memeriksakan diri secara seksama dan melakukan beberapa tes medis yang diperlukan seperti X-ray, CT SCAN dll jika perlu. Membaca dari kronologi cerita Anda, maka beberapa kemungkinan penyebab keluhan Anda bisa berasal dari :

    1. Trauma pada kepala = gegar otak ringan
    2. Trauma pada leher = splash injury ( luka akibat benturan keras )
    3. Trauma pada dada = Memar, Patah tulang iga, trauma paru dll.
    4. Trauma pada tulang belakang bagian leher - dada
    Untuk mengetahui dengan pasti penyebab keluhan Anda maka pemeriksaan fisik dan tes medis seperti X-RAY akan diperlukan untuk melihat bentuk trauma yang terjadi pada Anda dan akibat dari trauma tersebut pada Anda. Penanganan terbaik akan disesuaikan denganpenyebab keluhan yang Anda alami. Untuk mengurangi keluhan Anda sebaiknya beristirahat, minum obat pereda nyeri seperti paracetamol, obat anti mual jika perlu, hindari melakukan pengurutan / pemijatan pada bagian tubuh yang terasa sakit terutama leher, hindari menggerakan tubuh (terutama leher dan pinggang) secara tiba tiba, gunakan bantalan penyangga leher jika perlu sampai ada kepastian bahwa tidak ada permasalahan pada leher Anda. Jika keluhan pusing dan mual bertambah disertai rasa kelemahan pada salah 1 atau ke2 kaki / tangan Anda maka segera hubungi dokter. Semoga membantu.   dr. Yusi