Tanya Dokter

  • Perut buncit pasca keguguran

  •  Clara annisa
    Anggota
    Mlm dok, seminggu yg lalu saya melakukan aborsi melalui obat-obatan dok yg saya beli secara online, usia kandungan saya sekitar 4 minggu, wktu saya mnum obat itu saya merasakan nyeri perut dan demam, mlamnya kluar gumpalan darah bersamaan dgn gumpalan kecoklatan tpi itu agak kenyal dok, dan pendarahan berhenti kemudian saya beli obat lgi di apotik untuk membantu mengeluarkan sisa" darah yg ada, dan 3 harinya kluar lagi gumpalan, pertanyaan saya apakah janin yg ada sudah kluar atau msih ada dok ? Karna kok perut saya msih buncit ?

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Aborsi adalah mengakhiri kehamilan dengan mengeluarkan janin dalam kandungan. Perlu Anda ketahui bahwa aborsi menyimpan berbagai risiko kesehatan, terutama jika dilakukan dengan cara yang tidak aman. Aborsi juga bersifat ilegal dan hanya diperbolehkan dalam keadaan tertentu, yaitu:

    • Atas alasan medis, yaitu indikasi darurat kesehatan pada usia dini kehamilan yang mengancam nyawa ibu dan/atau janin, janin yang menderita penyakit genetika berat, atau cacat bawaan yang tidak dapat disembuhkan sehingga sulit bagi janin untuk bertahan hidup di luar kandungan
    • Kehamilan yang diakibatkan pemerkosaan yang menyebabkan trauma

    Dari peristiwa yang Anda paparkan, tampaknya Anda melakukan aborsi dengan cara yang tidak aman dan tanpa pengawasan dokter sehingga dapat membahayakan kondisi kesehatan Anda. Mengenai darah yang keluar, tidak dapat dipastikan apakah itu janin atau tidak. Memerlukan pemeriksaan dokter spesialis obstetri dan ginekologi untuk memastikan kondisi Anda saat ini. Jenis pemeriksaan penunjang yang akan diperlukan, misalnya USG untuk melihat kondisi dalam rahim. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter sebelum terjadi komplikasi yang tidak diinginkan.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di https://www.alodokter.com/memahami-berbagai-sisi-aborsi

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.