Tanya Dokter

  • kemungkinan hamil jika berhubungan intim setelah keguguran

  • dok , saya mau tanya saya keguguran saat usia kandungan 2 minggu pasca keguguran saya berhubungan intim lalu pas saya tes menggunakan TP hasil masih positif apakah saya langsung hamil lagi ?

    Terima kash Maya Anggraini atas pertanyaannya. Keguguran merupakan keluarnya isi kandungan sebelum usia kandungan mencapai 20 minggu atau berat kandungan mencapai 500 gram. Keguguran ini akan ditangani secara berbeda tergantung dari jenis keguguran yang terjadi. Hasil TP positif yang Anda lakukan kemungkinan bukanlah hamil lagi. Pada saat terjadi kehamilan, akan terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan TP positif. Setelah terjadi keguguran, hormon tersebut masih tetap ada sehingga TP masih positif. Namun, seiring berjalannya waktu, hormon kehamilan tersebut akan berangsur-angsur hilang dan siklus hormonal Anda akan kembali seperti semula. Pada saat itulah TP akan menjadi negatif. Pasien yang mengalami keguguran biasanya akan ditangai oleh dokter spesialis kandungan, karena itu, Anda dapat berdiskusi dengan dokter spesialis kandungan tersebut mengenai hal ini. Anda juga dapat membaca artikel terkait: Keguguran Demikian jawaban dari saya, semoga membantu dr. Andika Surya

    Maya Anggraini  Maya Anggraini
    Anggota

    tapi dok , sampai saat ini sudah hampir 4 minggu lebih saya belum menstruasi dan sering mual sehabis makan sesuatu , apakah harus mengecek mengunakan TP lagi?