Tanya Dokter

  • Program KB yang cocok pasca keguguran

  • Saya mau tanya Saya hamil dan usia kandungan 7 minggu 3 hari, dan saya mengalami keguguran tepat saat itu Tgl 26 blan kmren saya keguguran smpai slesai tgl 2 kemaren pendarahannya, dan tgl 4 tadi pagi saya tes peck hasilnya negatif. Saya ingin konsultasi, saya dan suami ingin menunda dlu karna kejadian tersebut dan sya berencana ingin ikut KB dok, 1. KB apa yg cocok dan bagaimana waktu mulai minumnya ? 2. Bolehkah langsung berhubungan stelah sekali minum obat KB ? 3. Beresiko terjadi pembuahan kah, jika langsung berhubungan jika hanya sekali minum obat KB ?

    Terimakasih.

    Halo Fuji, Sebenarnya tidak ada batasan pasti kapan sebaiknya merencanakan kehamilan pasca keguguran. Namun, berbagai penelitian menunjukkan bahwa memberi rentang waktu 3- 6 bulan dapat memperkecil kemungkinan keguguran selanjutnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda dan pasangan menunda kehamilan dahulu, salah satunya dengan menggunakan kontrasepsi. Secara umum, berikut beberapa pedoman memilih kontrapsepsi secara rasional :

    • bila Anda dan pasangan berencana menunda kehamilan, maka pilihlah kontrasepsi jangka pendek atau yang memiliki efek kembali kesuburan segera setelah kontrasepsi dihentikan, misalnya :
      • pil KB
      • IUD tembaga
      • metode sederhana, seperti kondom
    • bila Anda dan pasangan berniat menjarangkan kehamilan, maka pilihlah kontrasepsi jangka panjang, seperti :
      • IUD tembaga
      • suntik KB
    • bila Anda dan pasangan berencana tidak hamil lagi, maka steril (tubektomi atau vasektomi) dan IUD tembaga adalah pilihan yang tepat
    Dengan demikian, berdasarkan penjelasan Anda di atas, saya menganjurkan Anda menggunakan pil KB atau IUD tembaga. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai penggunaan pil KB karena terdapat dua jenis pil KB, yang masing-masingnya memiliki kelebihan ataupun kekurangan tersendiri. Di samping itu, dokter akan menjelaskan mengenai cara penggunaan pil KB yang baik dan benar, yaitu konsumsi pil KB setiap hari pada jam yang sama. Pil KB juga tidak langsung efektif setelah konsumsi pertama kali, dibutuhkan waktu 1-2 minggu untuk melindungi Anda dari kehamilan secara optimal. Sedangkan IUD tembaga, memiliki efektivitas yang cukup tinggi dan akan segera aktif setelah pemasangan. Sayangnya, alat kontrasepsi ini memerlukan bantuan dokter atau petugas medis terampil untuk memasangnya. Diskusikanlah dengan dokter terdekat di kota Anda. Silahkan baca tentang memilih alat kontrasepsi Demikian, semoga bermanfaat dr.Lili

    Fuji fita sari  Fuji fita sari
    Anggota

    Apakah KB andalan itu tepat jika ingin benunda kemahamilan dahulu Dah setelah pemakaian 3 hari jika berhubungan apakah akan terjadi pembuahan.