Tanya Dokter

  • Pasca kuret atau vakum aspirasi dan di KB 1 bulan telat haid 2 bulan

  •  Ria susanti
    Anggota

    Dok,saya keguguran waktu hamil 13 minggu dan melakukan kuret vacum aspirasi 14 january 2015,setelah 10 hari ketika darah tidak keluar lagi saya cek ke dokter dan kata dokter rahim saya sudah bersih dan di beri suntik kb 1 bulan.pada bulan february saya tidak haid dan saya memutuskan tidak kb di bulan berikutnya (hanya 1x kb suntik 1blan),namun sampai bulan maret sekarang saya tidak datang haid padahal sudah berhenti kb suntik.yang mau saya tanyakan 1.apakah normal setelah suntik kb 1 bulan tidak datang haid ? kira-kira berapa lama dok tidak haid yg normal setelah kb ? 2. apakah yang saya alami ini termasuk gejala Ashermen syndrom ? karena saya dari bulan february terasa nyeri seperti mau datang bulan tetapi tidak melilit hanya nyeri biasa saja sampai bulan maret hilang timbul hilang timbul nyerinya. 3.apakah tidak datang haid saya ini merupakan tidak keseimbangan hormon karena suntik kb 1 bulan ?

    Hi, Salah satu efek samping KB suntik adalah terganggunya siklus haid. Efek samping lain yang muncul setelah suntik KB di antaranya adalah :

    • Tidak haid
    • Gatal-gatal
    • Kulit mengalami hiperpigmentasi
    • Berat badan naik
    • Perdarahan terus menerus
    • Mudah lelah
    • Tidak nafsu makan
    • Dll
    Perlu diingat efek samping yang muncul pasca penggunaan KB suntik bisa berbeda antara Anda dengan orang lain. Bila keluhan yang Anda alami akibat penggunaan KB suntik, maka selama kadar hormon progesteron di dalam tubuh masih cukup tinggi, Anda akan tetap mengalami masa tidak haid. Sedangkan tidak haid atau amenore sendiri dapat disebabkan oleh hal-hal lain berikut ini :
    1. Terjadinya kehamilan
    2. Penggunaan kontrasepsi
    3. Penggunaan obat-obatan tertentu
    4. Stress
    5. Berat badan yang tidak ideal
    6. Kegiatan fisik yang terlalu berlebihan
    7. Ketidakseimbangan hormonal akibat adanya sindrom polikistik, gangguan tiroid, dll
    8. Gangguan anatomi pada rahim
    Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan yang Anda alami, ada baiknya Anda kembali menemui dokter kandungan Anda. Dokter akan melakukan evaluasi kembali apakah keluhan yang Anda alami ini merupakan murni karena penggunaan KB suntik atau apakah ada hal lain. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, cek darah, dan USG bila diperlukan. Untuk mengetahui apakah Anda memang terkena Asherman syndrome atau tidak, dokter juga perlu untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti hysterocopy, hysterosalpingogram, atau sonohysterogram. Diagnosis Asherman syndrom tidak dapat ditegakkan hanya melalui anamnesis atau keluhan yang muncul saja. Kesempatan bertemu dengan dokter Anda kembali juga dapat dipakai untuk mendiskusikan kontrasepsi apa yang paling cocok dengan kondisi Anda. Artikel tentang gangguan haid dan memilih kontrasepsi Semoga membantu, dr. Tri