Tanya Dokter

  • Pelepasan pen setelah 1 tahun dan kaki masih nyeri

  •  shintasel
    Anggota
    Dok saya mau tanya, tepat 1 bulan lalu saya operasi pelepasan pen setelah 1 tahun. Seminggu pertama saya bisa jalan tanpa kruk. Tapi minggu selanjutnya hingga sekarang kaki saya terasa sakit sehingga saya memutuskan untuk menggunakan kruk. Kaki saya patah tepat di tulang kering fraktur cruris. Ketika saya pakai jalan kaki saya terasa nyeri , dan saat posisi kaki diluruskan kemudian diangkat keatas di daerah yang patah seperti menonjol keluar, kira kira penyebabnya kenapa ya dok ? Dan apakah itu bahaya ?

    Halo Shintasel,terimakasih telah bertanya di alodokter.
    Mengenai keluhan anda tentang nyeri paska 1 tahun pemasangan pen. Sebelumnya perlu ditanyakan riwayat sebelumnya. Jenis patah tulang apakah yang anda alami? Apakah fraktur terbuka atau tertutup? letak patah tulang dimana (jika pada tulang kering/tibia,dibagian atas,tengah atau bawah?) Jenis pemasangan pen yang dilakukan?
    fraktur/patah tulang adalah dikontinuitas dari struktur tulang,hal ini biasanya disebabkan oleh hantaman atau benturan yang keras. Perlu atau tidaknya dilakukan operasi tergantung dari:
    1. jenis patah tulang
    2. tulang apa yang patah
    3. jumlah segmen patahan
    4. faktor yang mempengaruhi persambungan tulang (rokok,alkohol,pemakaian obat-obatan)
    Operasi patah tulang terdiri dari 2 jenis yaitu ORIF (open reductin internal fixation,jenis yang paling sering digunakan) dan ekstenal fixation. Pen yang dipakai pada anda,kemungkinan besar adalah ORIF,saat anda patah tulang,tujuan pemasangan ORIF adalah untuk membantu weight bearing anda (menopang beban tubuh). Tulang menjadi union/tersambung sekitar 3-4 bulan,oleh karena itu pada bula-bulan ini anda akan dibantu oleh kruk. Untuk memastikan tulang tersambung atau tidak,biasanya dokter akan menyuruh untuk kontrol xray ulang. Beberapa penyebab kenapa paska pemasangan pen,anda masih mengeluh nyeri dan merasa ada tulang yang menonjol adalah:
    1. Malunion (tulang tersambung dengan posisi yang tidak seharusnya)
    2. Non union (tulang tidak tersambung)
    3. Infeksi
    4. Plate/screw mengenai struktur sekitar,seperti tulang rawan,sehingga gerak akan terbatasi
    5. stiffness (kekakuan,karena terlalu sering menggunakan kruk)
    Untuk mengetahui penyebabnya,sangat disarankan anda kembali berkonsultasi ke dokter orthopaedi untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti XRAY. Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen