Tanya Dokter

  • kemungkinan hamil jika berhubungan intim setelah melahirkan

  • saya baru melahirkan 2 bulan lalu,seminggu kebelakang saya berhubungan dengan suami lalu tadi pagi saya baru di suntik kb 3 bulan,apa kemungkinan saya bisa hamil dok??

    Halo........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa jika setelah melahirkan saat ini Anda sudah mengalami menstruasi, maka siklus menstruasi Anda dapat dinyatakan sudah kembali normal.

    Sudah terjadinya siklus menstruasi dapat dikatakan Anda sudah berpeluang untuk hamil kembali, apalagi pada saat berhubungan seksual Anda dan pasangan tidak menggunakan alat kontrasepsi sama sekali dan sperma dikeluarkan di dalam vagina Anda.

    Sebenarnya jika Anda menyusui bayi Anda, maka kemungkinan kehamilan dapat saja tidak terjadi ( akan tetapi hal ini tidak mutlak ), dikarenakan secara medis menyusui bayi akan memnunda siklus ovulasi secara alami paska melahirkan. 

    Penggunaan suntik KB 3 bulan setelah melakukan hubungan seksual pun tidak dapat memastikan bahwasanya dapat mencegah kehamilan. Suntik KB biasanya akan efektif apabila dilakukan pada saat kurang lebih 2 minggu sebelum seorang wanita berhubungan seksual.

    Jika Anda khawatir berlebih, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut dan akhirnya segala sesuatunya dapat terang dan juga jelas.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SUNTIK KB 3 BULAN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati