Tanya Dokter

  • Nyeri pasca operasi cranioplasty

  • siang dok. Sudah 1bulan lebih saya dioprasi cranioplasty tapi kenapa masih terasa nyeri dan sakit pada bagian yang dioperasi termasuk pada jahitannya padahal luka juga sudah kering. Mohon bantuan solusinya dok karena rumah sakit yang menangani saya jauh dari tempat tinggal saya karena rumah saya di plosok desa. Terima kasih dok.

    Halo,

     

    Apakah Anda mengalami trauma kepala berat?

    Jika Ya, maka kondisi ini bisa menyebabkan keluhan Anda saat ini. 

    Operasi cranioplasty adalah jenis operasi untuk memperbaiki defek pada tulang tengkorak yang biasa dilakukan setelah operasi pemotongan tulang tengkorak sebelumnya (kraniotomi).

    Cranioplasty bisa dilakukan dengan menggunakan tulang tengkorak dari pasien itu sendiri (biasa disimpan didalam perut pasien hingga operasi cranioplasti dilakukan), menggunakan bahan lain seperti plat titanium atau mesh.

    Pemilihan dari jenis penggantian tulang tengkorak akan ditentukan dari kondisi pasien masing masing dan kondisi luka saat trauma terjadi.

    Operasi kranioplasti ini umumnya dilakukan saat kondisi pasien sudah membaik, dimana kondisi pembengkakan atau luka pada otak dan jaringan sekitarnya sudah membaik serta kondisi pasien cukup kuat untuk dilakukan tindakan operasi tambahan.

    Rasa nyeri yang timbul bisa disebabkan karena =

    1. Psikis.
    2. Sakit kepala paska trauma kepala.
    3. Peningkatan tekanan intra kranial.
    4. Radang.

    Sangat disarankan agar Anda memeriksakan diri kembali ke dokter yang melakukan operasi. Terutama apabila kondisi nyeri semakin memberat seiring waktu. Dengan pemeriksaan lanjutan maka dokter bisa mengetahui asal penyebab nyeri yang Anda rasakan dan memberikan pengobatan yang baik.

    Minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau parasetamol, kompres dingin, dan hindari memijat daerah operasi terlalu kuat.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi