Tanya Dokter

  • Pasca operasi hemoroid

  •  adi
    Anggota

    Malam dok, saya mau bertanya, sekarang hari senin.. nah jumat kemarin sy operasi hemoroid karena memang sudah parah .. stelah operasi menggunakan metode stapler memang bgus hasilnya,, yang jadi pertanyaan kenapa sy selalu kembung, dan sulit untung buang angin.. inilah yg membuat saya tersiksa 2 malam tidak bisa tidur dikarenakan seperti anus sy tidak ada lubang untuk si angin ini keluar sedangkan perut saya kembung.. apakah ini sebab dari benjolan bekas jahitan operasi yang mengganjal di anus atau hanya sugesti? dan bagaimana agar kedepannya hemoroidnya tidak balik lagi

    Hi, Operasi hemorrhoid dengan menggunakan teknik stapling memiliki resiko untuk terjadinya beberapa komplikasi, diantaranya : 1. Timbul hemorrhoid kembali 2. Timbulnya fistula. Fistula merupakan timbulnya suatu 'lorong' kecil yang menghubungkan antara rectum dan anus, maupun bagian lainnya 3. Perforasi atau 'bocor' pada rectum 4. Abses, atau kumpulan nanah akibat infeksi, pada daerah submukosa 5. dan lainnya   Untuk mengetahui apakah ada komplikasi pada bagian anus akibat dari operasi hemorrhoid yang baru saja Anda lakukan harus dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Oleh karena itu perlu dilakukan kontrol pasca operasi dengan dokter bedah Anda. Agar hemorrhoid tidak timbul kembali setelah operasi, hal utama yang dapat anda lakukan adalah dengan menjaga agar feses lunak dan tidak keras, sehingga tidak perlu mengejan untuk buang air besar. Hal ini dapat dicapai dengan: 1. Makan makanan yang mengandung serat tinggi 2. Banyak meminum air putih, 6-8 gelas setiap harinya 3. Jika diperlukan dapat mengkonsumsi obat untuk memperlancar buang air besar   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.    

    adi  adi
    Anggota

    Terimakasih atas Jawabannya Dok, setelah beberapa bulan operasi hemoroid bulan Februari 2015 hingga sekarang, setiap buang air besar selalu tetap mengeluarkan darah segar dok,, kira2 kenapa ya? apakah itu tetap ada hemoroid atau bagaimana? bagaimana agar darah tersebut tidak keluar kembali?