Tanya Dokter

  • Oral seks pasca operasi hernia

  •  Putra
    Anggota
    Hallo Dok, nama saya putra umur 25 tahun saya mau menanyakan apakah setelah operasi hernia saya masih bisa melakukan oral tanpa melakukan hubungan badan dengan istri saya? Terimakasih sebelumnya Dok

    Hallo Putra

    Operasi hernia sendiri akan menyisakan bekas luka operasi yang belum benar-benar kering/merekat erat hingga beberapa hari. Teknik operasi ataupun bagiana mana yang mengalami operasi berbeda-beda tergantung jenis hernianya.

    Kondisi hernia sendiri ada banyak, namun mungkin yang cukup populer dimasyarakat adalah kondisi hernia yang membuat kantung buah zakar membesar, hernia dengan kondisi seperti itu terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu hernia yang terjadi akibat perlemahan dinding otot-otot perut dan hernia yang terjadi akibat usus masuk melalui suatu saluran yang seharusnya sudah tertutup rapat. Sehingga teknik operasi yang digunakan pun bisa berbeda-beda.

    Maka itu boleh tidaknya melakukan oral seks tentunya mempertimbangan dimana lokasi operasi dan bagaimana kondisinya saat ini, mau bagaimanapun tindakan oralseks akan biasanya akan berakhir terjadinya ejakulasi, nah saat ejakulasi maka akan terjadi kontraksi sesaat pada otot-otot tubuh termasuk otot perut, peningkatan tekanan pada perut inilah yang ditakutkan akan memperburuk kondisi Anda saat ini.

    Sebaiknya Anda menunggu dahulu sampai bekas operasinya benar-benar baik, supaya risiko-risko tersebut bisa dihindari, atau Anda bisa kembali berkonsultasi dengan dokter secara langsung untuk dilakukan pengkajian apakah kondisi Anda saat ini sudah boleh atau tidak melakukan oral seks atau belum.

    Demikian informasi yang dapat disampaikan

    dr. Arnold