Tanya Dokter

  • Efek samping pasca operasi kantung kemih yang pecah

  •  rina ira
    Anggota

    Siang Dok, Saya seorang ibu yang anaknya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan anak saya yang berusia 5 tahun harus operasi kantung kemih karena pecah? Yang saya ingin saya tanyakan adakah efek samping terhadap anak saya setelah operasi kantung kemih ini?dan terapi apakah yang harus saya lakukan tentunya selain trauma psikologis yang dialami anak saya?

     

     

    halo rina ira,

    ruptur/robek kandung kemih adalah salah satu resiko yang dapat terjadi pada kecelakaan atau cedera pada bagian bawah perut. Pada kasus dimana robekan yang terjadi cukup berat atau luas sehingga mengakibatkan keluarnya urin ke lapisan rongga perut perlu ditangani dengan tindakan operatif, berupa penjahitan kembali bagian yang robek, diikuti dengan pemasangan kateter drainase (selang kencing) untuk mengalirkan urin selama 10-14 hari pasca operasi untuk mengurangi tekanan sehingga luka jahitan dapat menutup dengan baik. Setiap tindakan medis tentunya akan dihadapkan dengan resiko komplikasi atau efek samping, termasuk tindakan operasi ini, seperti:

    • rembesan urin pada dinding bekas luka yang bersifat sementara ataupun permanen
    • timbul celah pada bekas luka jahitan/luka jahitan tidak menutup dengan sempurna
    • perdarahan
    • infeksi, yang dapat menimbulkan nanah dalam rongga panggul
    • infeksi saluran kemih
    • kapasitas kandung kemih menurun
    • sering buang air kemih (beser) 
    • dsb

    Terjadinya resiko di atas tergantung dari derajat keparahan cedera, kondisi umum anak, riwayat penyakit anak sebelumnya, adanya cedera lain, teknik operasi, perawatan pasca operasi, kepatuhan minum obat, dsb. Tentunya dokter yang menangani akan berusaha untuk meminimalisir komplikasi yang ada, misalnya dengan pemberian antibiotik dan obat-obatan lain yang optimal dan perawatan pasca operasi yang menunjang. Beberapa efek samping juga sifatnya sementara yang akan berangsur-angsur membaik seiring berjalannya waktu. Secara umum anak memiliki probabilitas yang lebih tinggi untuk pulih lebih baik dibandingkan orang dewasa. Diskusikan lebih lanjut mengenai rencana penanganan, resiko/komplikasi, dan perkembangan ke depan dari kondisi anak anda dengan dokter yang menangani, karena tentu dokter akan lebih paham. Untuk ke depannya setelah operasi, anda mungkin akan disarankan oleh dokter untuk melakukan fisioterapi dan latihan penyesuaian berkemih (bladder training) sebelum kateter urin dilepaskan. Pastikan bahwa anda mengikuti anjuran dokter untuk kontrol secara berkala untuk mengevaluasi kondisi anak. 

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira