Tanya Dokter

  • Sulit BAB dan keluar darah pasca operasi kista coklat

  •  fb-ellaelvira
    Anggota

    Salam kenal Dr ... Kamis, 17 Nov 2016 lalu melakukan operasi laparoskopi kistektomi dextra sebelah kanan ovarium. Beres operasi besok hari nya baru bisa kentut. Jum'at malam nya perut terasa kembung dan sakit hingga hari Senin, 21 Nov 2016 susah/kesulitan BAB. Sampe 1 jam lebih ada di WC saking mules nya dan susah tuk ngeden nya. Yang mau di tanyakan adalah: 1) Mengapa itu bisa terjadi, Dr ? 2) Hari Minggu nya keluar darah seperti Haid, apakah itu memang siklus haid atau akibat pasca operasi ? 3) Setelah mencoba tuk ngeden, terasa amat sakit panggul, punggung belakang bawah seperti lepas urat nya dan pd tegang.

    Makasih atas respon nya Dr.

    Hai Ella, Kista coklat merupakan nama lain yang digunakan untuk kista pada ovarium yang berisi darah sehingga tampak kecoklatan, dan disebut kista coklat. Kista pada ovarium umumnya jinak dan sebagian besar tidak menimbulkan keluhan yang berarti. Kista ovarium ada berbagai macam, diantaranya adalah:

    • Kista fungsional
    • Kista non fungsional
    • Kista dermoid
    • Endometrioma
    • dll
    Kista yang dilakuka tindaka operasi merupakan kista yang umumnya mengganggu dan mengalami pembesaran yang tidak wajar dalam beberapa waktu yang sudah ditentukan. Tindakan operasi yang dilakukan pada penderita kista ovarium dapat dilakukan dengan prosedur laparatomi atau laparoskopi. Laparoskopi merupakan tekhnik yang lebih simpel hanya dengan membuka beberapa titik di bagian peurt dan memasukkan kamera untuk mengambil kista tersebut. Saat seseorang melakukan tindakan operasi maka haruslah dilakukan tindakan anestesi atau membuat pasien mati rasa dapat dengan anestesi lokal atau general. Pada umumnya anestesi yang dugunakan pada operasi kista ini adalah anestesi melalui tulang belakang atau setengah badan yang akan melibatkan terhambatnya proses di usus. Namun setelah obat anestesi tersebut habis maka proses yang terjadi pada usus akan kembali seperti semula. Darah yang keluar juga dapat terjadi karena efek dari tindakan operasi namun akan hilang seiring dengan sembuhnya luka operasi di dalam overium. Jika keadaan ini terus berlanjut maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter yang sebelumnya melakukan tindakan operasi terhadap Anda agar dapat diberikan terapi jika diperlukan. Anda sebaiknya melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Konsumsi lah makanan yang sehat dan bergizi serta berserat tinggi
    • Hindari mengedan jika Anda belum memiliki hasrat untuk BAB
    • Konsumsi air mineral minimal 2.5 liter dalam 1 hari
    • Lakukan olahraga kecil
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Kista ovarium Jangan takut dengan kista ovarium Semoga bermanfaat dr. Yosephine