Tanya Dokter

  • Muncul bercak-bercak merah di tubuh pasca operasi laparoskopi

  • Dok, kakak saya beberapa waktu yang lalu di indikasi ada penyumbatan di saluran empedu dan sudah melakukan operasi batu empedu (laroskopi), ternyata operasi dinyatakan gagal dikarenakan batu empedunya tidak keluar melalui saluran pembuangan melainkan masuk kedalam kantung empedunya, sekarang kakak saya mengalami bercak-bercak merah pada bagian tubuhnya. Tindakan apa yang harus kami lakukan untuk saat ini....?

    Halo,   Bercak merah timbul dibagian mana? ada rasa gatal? demam? bisakah bercak menghilang bila dilakukan penekanan/ peregangan? Untuk mengetahui penyebab keluhan kakak Anda maka pemeriksaan fisik secara langsung perlu untuk dilakukan dalam menilai kelainan kulit yang terjadi. Jika perlu seorang dokter akan melakukan tes medis lain seperti tes alergi, tes kerokan kulit dll. Anda bisa berkonsultasi kembali dengan dokter yang melakukan prosedur operasi pada kakak Anda. Dengan demikian bisa diketahui apakah bercak merah yang timbul merupakan efek samping dari prosedur operasi atau merupakan gejala penyakit lain. Bercak merah pada tubuh bisa disebabkan karena :

    1. Alergi.
    2. Dermatitis.
    3. Eksim atopik.
    4. Petechie = bercak perdarahan pada kulit akibat trauma, dbd dll.
    5. Infeksi virus = rubella, campak, varicella, herpes, dbd, roseola dll.
    6. Urtikaria.
    7. Penyakit sistemik lain = Multiple sklerosis, psoriasis, dll.
    8. Gangguan liver.
    9. dll.
    Untuk menangani bercak merah tersebut maka penyebabnya perlu diketahui, jika bercak merah tersebut terasa gatal atau disertai bengkak pada tubuh dan keluhan lain (sesak dll) maka segera hubungi dokter Anda. Penanganan bercak akan disesuaikan dengan penyebab keluhan Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi

    ternyata kantung empedunya harus segera diangkat dan bercak merah tersebut menurut dokter di poly rs. cipto syaraf kecilnya sudah kena...bagaimana change kakak saya ketika kantung empedu nya di angkat...?