Tanya Dokter

  • Penyebab setelah patah tulang, paha sering berbunyi

  •  Heri Gunawan
    Anggota
    Dok, mau tanya, saya sudah 4 minggu pasca operasi patah tulang paha kiri, yang saya rasakan persendian terasa ngilu, dan seperti pletek pletek di persendian kaki kiri dr pangkal paha sampai dengkul, stiap ada gerakan terkadang bunyi "pltek" tapi tdk menyebabkan sakit, itu knp y dok.

    Halo Heri,terimakasih atas pertanyaan anda.
    Jadi atas keluhan anda saat paska operasi. Patah tulang berati terjadinya ketidak sambungan antar tulang sebagai struktur rangka yang menopang tubuh. Patah tulang dibagi menjadi dua berdasarkan mekanismenya yaitu patah tulang terbuka dan tertutup. Ketika terjadi patah tulang,hal ini dapat mencederai struktur jaringan sekitar seperti otot,saraf ataupun pembuluh darah. Terutama speerti pada keluhan anda yaitu tulang paha yang berperan sangat penting untuk menopang berat badan dan sebagai tulang dengan rangka besar. Gejala yang dialami saat patah tulang dapat berupa:
    1. Nyeri pada area patahan
    2. Memar
    3. Kesemutan (jika mengenai saraf)
    4. Terdengar bunyi krepitasi "krek"
    Untuk menegakkan diagnosis patah tulang biasanya akan diperiksa fisik dan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti xray di area patahan. Setelah itu akan ditetapkan penanganan sesuai diagnosis yang ada,tipe patah tulang yang terjadi,lokasi patah tulang. Biasanya pada patah tulang paha akan dilakukan penanganan berupa pemasangan pen/plate screw di bagian luar. Paada hari awal paska operasi,penyambungan dan pembentukan tulang baru akan terjadi,dimana selama 8 minggu awal kalus (tulang baru akan terbentuk),selama fase ini bunyi derik tulang atau krepitasi seperti yang anda alami dapat masih terdengar dan tidak menimbulkan rasa nyeri. Hendaknya anda berkonsultasi ulang ke dokter orthopaedi setiap bulan,agar dapat diarahkan kapan harus melakukan foto xray lagi dan dilihat bagaimana bentuk serta alignment (kesejajaran) penyambungan tulang baru. Demikian info,semoga bermanfaat. Salam dr. Celleen