Tanya Dokter

  • Sering merasa pusing pasca operasi pengangkatan tumor

  •  Memi Nia
    Anggota

    Dear dok

    Ibu  saya sekitar 2 tahun yang lalu menjalani operasi pengangkatan tumor dan kista pada kandungannya. Dia juga menjalani kemo selama kurang lebih 6 bulan setelah setahun menjalani pemeriksaan dia dinyatakan sembuh oleh dokter.

    tetapi 3 bulan ini ibu saya sering merasakan pusing saat pagi hari, seperti melayang gitu walaupun sudah sarapan. gejala apah yah dok ? terimakasih 

    Halo Memi......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh ibu Anda dengan keluhan utama berupa pusing, sebenarnya merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan berbagai sensasi yang dialami, seperti Limbung, kehilangan keseimbangan, atau seperti akan pingsan.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya kondisi pusing, diantaranya adalah : tekanan darah rendah, gangguan kesehatan pada jantung, vertigo, infeksi pada saraf vestibular, migrain, penyakit meniere, pengaruh obat -obatan tertentu yang rutin dikonsumsi dan memicu hal ini, anemia defisiensi besi, dehidrasi, cuaca panas, kekurangan zat gula di dalam tubuh, dan lain sebagainya.

    Oleh karena kondisi pusing sudah dialami ibu Anda selama kurang lebih tiga bulan, maka kami sangat menyarankan segeralah menemui dokter spesialis neurologi atau saraf terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar ibu Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang ibu Anda alami diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, pemeriksaan tekanan darah, CT scan, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    PUSING

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati