Tanya Dokter

  • Pinggang masih suka sakit pasca operasi usus buntu

  • Selamat pagi dokter aku mau tanya lagi nih :) sekitar 16 hari yang lalu aku sudah melakukan operasi pengangkatan usus buntu aku dok , Yang mau aku tanyain berapa lama dok pemulihan / bener" sembuh total dari operasi ini ?? Luka jahitan nya emang udah kering dok , cuma dalam perut nya bagian operasi sampe ke pinggang tuh masih suka sakit dok :'( dan berapa lama juga boleh melakukan hubungan suami istri dok ?? Mohon jawaban nya yah dok , terimakasih :)

    Hai, Waktu pemulihan pasca operasi usus buntu bervariasi setiap orang, namun biasanya memerlukan waktu 4-6 minggu untuk pulih 100%. Sebenarnya 2-3 hari pasca operasi Anda sudah bisa melakukan aktivitas ringan yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Selain itu makan makanan yang banyak mengandung protein seperti telur, tahu dan tempe serta daging juga bisa mempercepat proses penyembuhan. Jika bagian dalam perut sering merasa nyeri Anda bisa melakukan kompres dingin di tempat yang terasa nyeri dan atau minum obat pereda nyeri seperti parasetamol. Untuk melakukan hubungan seks, Anda bisa melakukannya jika Anda merasa kondisi Anda sudah cukup fit. Tidak ada batasan waktu yang ideal namun Anda bisa melakukannya setelah 2-3 minggu pasca operasi. Namun sebaiknya lakukan hubungan secara perlahan dan hentikan jika merasa nyeri. Semoga bermanfaat. Dr. Yusi

    Dede Ananda Rohman  Juan Muhammad
    Anggota

    makanan yang di konsumsi apa saja? untuk mempercepat pengeringan?