Tanya Dokter

  • PASCA OPRASI USUS BUNTU

  •  Puja Tanjiana
    Anggota

    hai dok. mohon maaf sebelumnya saya mau tanya kalo pasca oprasi usus buntu kan banyak resikonya dan salah satunya adalah pelengketan usus dan bagaimana kah caranya untuk mencegah terjadinya pelengketan usus tersebut ?

    mohon jawabanya dok ...

    Halo,   Perlengketan usus paska operasi usus buntu bisa dicegah dengan membersihkan bagian operasi dengan baik sehingga mencegah adanya kebocoran dari usus dan usus bisa sembuh tanpa perlu terjadinya perlekatan ke bagian lain, hal ini biasa dilakukan oleh dokter yang mengoperasi Anda saat operasi berlangsung. Juga terdapat cara lain dengan memberikan cairan khusus untuk membersihkan organ dalam sehingga mencegah terjadinya perlekatan pada usus. Hal ini pun bisa dilakukan dokter yang mengoperasi Anda saat operasi. Beberapa cara lain juga bisa dilakukan dengan :

    1. Hindari merokok.
    2. Mobilisasi dini, semakin cepat Anda beraktivitas maka semakin sedikit kemungkinan terjadi perlengketan usus.
    3. Melakukan operasi laparoskopi (bedah intip) daripada laparotomi.
    4. Membasahi terus menerus organ usus dengan larutan saline agar mencegah perlengketan ( dilakukan saat operasi berlangsung).
    5. Mempercepat waktu operasi.
    6. Memperlakukan usus dan organ lain dengan lembut dan hati hati ( saat operasi berlangsung).
    Namun kedua hal diatas tidak bisa menjamin 100% bahwa perlengketan tidak terjadi paska operasi. Perlengketan usus terjadi pada saat usus saling menempel satu sama lain, biasanya disebabkan oleh infeksi, proses penyembuhan usus paska operasi, dan komplikasi dari kebocoran usus yang terjadi. Perlengketan usus bisa terjadi secara total ataupun parsial. Dan gejala yang ditimbulkan oleh perlengketan ini sangat tidak menyenangkan yaitu :
    1. Perut kembung.
    2. Nyeri perut.
    3. Susah BAB dan Buang Angin.
    4. Konstipasi / sembelit.
    5. Perut terlihat buncit.
    6. dll.
    Jika keluhan sangat parah (perlengketan total) biasanya dokter akan menyarankan operasi membuka perut kembali untuk melepaskan perlengketan tersebut, dengan adanya kemungkinan terjadinya perlengketan ulang. Namun jika perlengketan sedikit ( parsial ) maka tindakan konservatif seperti dibawah ini bisa dicoba terlebih dahulu :
    1. Pemberian obat pencahar.
    2. Pemberian obat untuk mengurangi perlengketan usus.
    3. Fisioterapi
    4. Latihan otot perut .
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Puja Tanjiana  Puja Tanjiana
    Anggota

    Terima kasih dok atas jawabannya ini benar-benar sangat bermanfaat buat saya ...