Tanya Dokter

  • Apakah tampek bisa kambuh kembali?

  •  Jamez Ajhe
    Anggota

    selamat petang dokter... sy sudah terkena tampek ± sudah 2 minggu dan sekarang hanya tinggal bekas di tangan dan di paha sy, pertanyaan sy apakah sy akan terkena tampek kembali dikemudian hari ?

    Jamez Ajhe  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Tampek, dalam istilah medis disebut campak / measles merupakan penyakit akibat infeksi virus yang sebenarnya paling sering mengenai anak-anak tetapi, dewasapun dapat terkena. Umumnya seseorang hanya akan terkena penyakit ini sekali saja selama hidupnya. Jadi anda tidak akan terkena campak untuk kedua kalinya. Hal tersebut dikarenakan antibodi yang terbentuk dapat bertahan sepanjang hidupnya. Jika terkena kembali maka ada 2 hal yang perlu diperhatikan :

    • apakah saat pertama kali kena benar-benar campak ?
    • jika benar pernah kena campak, apakah kali ini (yang ke 2) benar-benar campak?
    penting untuk dijawab karena penyakit dengan manifestasi dengan demam dan ruam kemerahan pada kulit ada banyak dengan diagnosa banding yang sangat banyak seperti campak, campak jerman, roseola infantil, demam skarlet, erupsi obat, kawasaki, rocky mountain spotted fever, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu khawatir dengan bekas campak tersebut karena akan menghilang dengan sendirinya. campak demikian yang dapat saya sampaikan , semoga bermanfaat.