Tanya Dokter

  • Apakah bisa melahirkan normal setelah sebelumnya caesar?

  •  Dedek Riza
    Anggota

    siang dok..

    sya seorang ibu yg baru saja melahirkan secara ceasar sekitar dua tahun yg lalu,tapi jika sya nmelahirkan kembali apakah bisa secara normal....

     

    Halo,   Ya Anda bisa melahirkan secara normal paska melahirkan secara caesar sebelumnya jika memenuhi persyaratan khusus untuk melakukan persalinan normal. Persyaratan yang biasa menjadi pertimbangan para dokter kandungan adalah :

    1. Kondisi ibu saat kehamilan dan saat persalinan.
    2. Kondisi bayi dalam kandungan.
    3. Besar panggul ibu = jika panggul ibu kecil maka persalinan berikutnya akan tetap dengan melakukan metode caesar demi kelancaran persalinan dan keselamatan ibu dan bayi.
    4. Berat badan bayi = jika berta bayi diperkirakan besar (> 4kg) maka mungkin persalinan secara caesar akan dilakukan.
    5. Jarak persalinan sebelumnya = dokter menyarankan setidaknya Anda memberikan jarak selama minimal 24 bulan (2 tahun) untuk melahirkan normal paska caesar. Semakin lama jarak kelahiran sebelumnya maka akan semakin baik kondisi perlukaan ibu pada persalinan sebelumnya sehingga cukup kuat menjalani persalinan normal.
    6. Adanya plasenta previa baik sebagian / total.
    7. Adanya penyulit jalan lahir seperti tumor, miom dll.
    8. Pada kasus postmatur (lebih bulan) tanpa adanya tanda kontraksi rahim maka sangat disarankan untuk melakukan caesar.
    9. dll.
    Konsultasikan kandungan Anda kepada dokter kandungan dan tanyakan dengan seksama apakah Anda bisa melakukan persalinan normal pada kehamilan Anda sekarang ini. Rajin berolahraga, lakukan senam hamil, istirahat cukup dan makan gizi seimbang agar Anda siap melaksanakan persalinan normal. Mencari cari info sebelum melahirkan akan membuat Anda jauh lebih waspada dan tanggap jika pada saatnya melahirkan timbul kesulitan. Baca topik Melahirkan normal paska caesar. Semoga membantu.   dr. Yusi