Tanya Dokter

  • nyeri di bekas luka sayatan

  • Saya di oprasi sekitar 10 hari lalu dok... Stelah kluar dari rumah sakit suruh blik lagi 4 hari kmudian.... Jahitan sya sudah di buka..dokter menyrankn untuk pakai korset atau tagen.. Tp kok kadang terasa nyeri di bekas sayatan..? Apkah itu bhaya Lalu bgaimna tanda jahitan terbuka? Bolehkah saya periksa di bidan dekat rumah...? Terimksh

    Hai, terimakasih atas pertanyaan Anda. Jahitan paska operasi sesar umumnya dilepas setelah 7-10 hari dan bisa bervariasi tergantung jenis benang yang digunakan (benang diserap atau tidak diserap) dan kondisi luka. Adanya rasa nyeri pada bekas luka merupakan hal yang normal dan bisa hilang timbul hingga beberapa bulan. Yang harus diwaspadai adalah apabila nyeri ini disertai adanya tanda-tanda infeksi, seperti demam, bengkak dan kemerahan pada area luka, dan keluarnya nanah.

    Pemakaian stagen boleh saja paska melahirkan, asalkan sesuai petunjuk dokter. Jahitan yang terbuka akan terlihat seperti luka basah yang menganga. Dokter tentu sudah melakukan pemeriksaan terhadap luka operasi dan kondisi Anda secara umum. Tentu boleh saja jika Anda ingin memeriksakan diri ke bidan atau petugas kesehatan lainnya.

    Untuk mempercepat dan membantu proses penyembuhan ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, misalnya:

    • Menjaga luka agar tetap bersih dan kering
    • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan protein
    • Hindari aktifitas berat atau mengangkat beban berat
    • Istirahat yang cukup, hindari stres dan jangan merokok/minum alkohol

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.