Tanya Dokter

  • Waktu yang aman untuk berkendara lagi pasca patah tulang

  •  Nicha Avista
    Anggota
    selamat malam dokter dok saya mau tanya..sekitar sebulan yang lalu saya habis ronsen pasca oprasi yg sudah 4 bulan..kondisi tulang saya alhamdulillah membaik dok bahkan sudah nyambung ..pertanyaan saya..apakah aman jika saya mengendarai motor? dan apakah boleh saya berenang? terimakasih dokter
    Nicha Avista  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Nicha,

    Patah tulang dapat terjadi akibat tumbukan yang sangat kuat sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan bentuk tulang atau diskontinuitas tulang. Hal ini dapat terjadi karena terjatuh, benturan benda keras, kecelakaan lalu lintas, cedera olahraga dan lainnya.

    Prinsip penanganan patah tulang sendiri adalah mengembalikan posisi tulang ke posisi anatomis sebagaimana mestinya kemudian melakukan fiksasi dan imobilisasi agar tulang tidak bergerak dan kembali menyatu dengan proses penyembuhan patah tulang. Penanganan patah tulang sendiri berdasarkan jenis dan berat ringannya patah tulang, fiksasi dan imobilisasi dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pemasangan gips ataupun prosedur operasi untuk memasang pen/plate atau fiksasi internal. Proses penyembuhan dan penyambungan sendiri dapat berlangsung antara 4-6 bulan dimana pada masa pemulihan ini juga penting untuk dilakukan rehabilitasi agar tulang yang patah dapat kembali fungsinya seperti sebelumnya. Fiksasi interal atau pen/plate sendiri biasanya dilakukan 6-12 bulan setelahnya saat tulang sudah benar-benar sembuh dan menyatu sempurna.

    Akan tetapi karena proses penyembuhan masih berlangsung, perlu diperhatikan agar tidak memberikan beban berlebih pada tulang tersebut karena dapat berpotensi mengganggu proses penyembuhan ataupun menimbulkan cedera baru.

    Hindari mengangkat beban, menahan beban, ataupun salah satunya adalah mengendarai motor sendiri mengingat risiko yang dapat terjadi pada penggunaan sepeda motor. Untuk aktivitas ringan lain tentunya tetap dianjurkan seperti misalnya olahraga ringan sebagai salah satu bagian rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi tulang yang patah tersebut. Jika tidak ada luka pada permukaan kulit maka olahraga berenang dapat dilakukan atau Anda dapat berkonsultasi pada dokter atau dokter orthopedi mengenai rehabilitasi pasca patah tulang agar dapat sembuh dan fungsinya kembali seperti sediakala.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.